id info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Kunjungan Khusus Presiden AACSB ke Undiknas: Dukung Undiknas Menuju Akreditasi Internasional

Menuju Universitas unggul adalah impian setiap universitas di Indonesia untuk mampu berkiprah di jajaran universitas unggulan di dunia. Semangat Undiknas yang terus berinovasi untuk melahirkan lulusan yang berdaya saing global, kini berbuah manis dengan telah bergabungnya Undiknas ke dalam keanggotaan AACSB sejak akhir 2018 lalu.  

Undiknas Denpasar yang kini sudah mengantongi sertifikat resmi membership AACSB International patut berbangga, karena Dr. Tom Robinson yaitu President sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari AACSB secara khusus mengunjungi Undiknas pada hari Selasa 13 Agustus 2019 kemarin. Tujuannya jelas yaitu untuk mementori Undiknas dalam menuju kampus berkualitas dengan akreditasi international. Agenda kunjungan President AACSB ke Undiknas antara lain bertemu dengan seluruh jajaran Vice Retor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Head of Equal (Quality Assurance and Accreditation), dilanjutkan dengan Seminar and Discussion on AACSB Accreditation, dan diakhiri dengan kunjungan ke Undiknas Graduate School (UGS).

AACSB International (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) adalah organisasi profesional bermarkas di Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1916 untuk memberikan akreditasi ke sekolah bisnis berkelas dan merupakan lembaga akreditasi tertinggi di dunia. AACSB memberikan pengakuan akreditasi tertinggi bagi program studi bisnis dengan kualifikasi internasional. Pada dasarnya, akreditasi AACSB menandakan sebuah institusi pendidikan bisnis yang telah dinilai mampu merealisasikan visi untuk memajukan serta menjadikan pendidikan bisnis dan manajemen lebih berkualitas.

Vice Rector Partnership and Entrepreneurship dengan pelaksana International Office yang menangani kunjungan President AACSB, juga mengagendakan sesi seminar secara khusus. Seminar terkait informasi akreditasi AACSB ini, secara langsung disampaikan oleh Dr.Tom Robinson, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi aktif oleh peserta seminar antara lain, Dekan berserta jajaran FEB, pejabat kampus, tim Equal dan para dosen. Kegiatan yag terlaksana dengan suskes ini, tentu memberi manfaat guna persiapan Undiknas menuju akreditasi international, khususnya untuk Business School-Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pentingnya, AACSB memberikan peluang besar bagi lulusan Undiknas ke depannya, untuk bisa menghasilkan kualifikasi lulusan berstandar international, di mana dalam pelaksanaan proses akreditasinya akan mengaplikasikan platform berbasis engagement, innovation, dan impact.

Hingga kini Undiknas adalah universitas terpercaya dan unggul, karena menjadi satu-satunya PTN/PTS di wilayah regional timur Indonesia yang mampu menjadi anggota AACSB, serta mampu secara cepat untuk berevolusi dan berinovasi guna menghadapi perubahan besar di era revolusi industri 4.0 serta menjawab tantangan akan persaingan global yang telah terjadi. (inter-office)