iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Combreeze #6: “Be Confident and Improve Your Creative Side” Bersama Prodi Ilmu Komunikasi Undiknas

Denpasar – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) yang ke-18, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Ilmu Komunikasi Undiknas menggelar serangkaian acara perlombaan yang mengusung tema umum, “Be Confident and Improve Your Creative Side”. Rangkaian kegiatan lomba pada program kerja Himaprodi dilabeli dengan nama Communication Breeze #6.

Communication Breeze (ComBreeze) #6 menyelenggarakan tiga jenis lomba yang memiliki keterkaitan dengan Ilmu Komunikasi selaku prodi penyelenggara. Adapun ketiga lomba tersebut diantaranya adalah Podcast Competition, Artwork Competition, dan Lomba Video Iklan Komersial. Lomba Podcast Competition mengusung tiga topik yaitu 1) Pleasure of Social Media, 2) Cara Mengatasi “Insecure” dalam Berkomunikasi di lingkungan baru, dan 3) Trend “Code Mixing” dalam Berkomunikasi pada Anak Zaman Sekarang.

Gambar 1. Rapat Koordinasi antar Panitia pelaksana lomba rangkaian Communication Breeze #6.

Lebih lanjut, Artwork Competition diselenggarakan dengan kategori perorangan dengan topik “Freedom of Speech in Digital Communication”. Berikutnya, satu kategori lomba lagi yang diselenggarakan adalah Lomba Video Iklan Komersial. Lomba ini diselenggarakan dengan kategori berkelompok dengan maksimal tiga orang peserta dalam satu kelompoknya. Lomba video iklan komersial ini mengusung topik “Sporty”, yang juga bekerjasama dengan Perusahaan ‘Pocari Sweat’ sebagai produk yang dipromosikan dalam lomba ini. Himaprodi Ilmu Komunikasi Undiknas optimis kegiatan ini mampu mengangkat eksistensi program studi secara khusus dan Undiknas pada umumnya sehingga Prodi Ilmu Komunikasi Undiknas dapat semakin dikenal baik oleh masyakarat luas.

Gambar 2. Para Dewan Juri sedang melaksanakan penjurian pada tiap kategori lomba.

Penjurian dalam lomba ini dilaksanakan oleh dewan juri yang berasal dari dosen dan praktisi lingkungan Undiknas pada 6 Mei 2022 lalu secara hybrid yakni melalui Google Meet dan secara langsung di salah satu Undiknas meeting room. Terdapat pula para juri yang bersal dari luar kampus, yang merupakan para ahli di dalam masing-masing kategori lomba yang diselenggarakan. Setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya diputuskan pemenang pada masing-masing kategori lomba. Pemenang lomba dari Podcast Competition adalah Prayogi Alam Nugraha, Pemenang Artwork Competition adalah Audrey Josephie, dan yang terakhir pemenang dalam lomba Video Iklan Komersial diraih oleh kelompok dari Gusti Agung Putu Abhianjaya.

Dengan total peserta lomba sebanyak 34 orang, diharapkan rangkaian lomba yang diadakan oleh para panitia Communication Breeze #6 dapat menjadi wadah bagi orang-orang yang memiliki minat dan bakat pada ilmu dan skill yang dilombakan sehingga bakat mereka dapat tersalurkan serta peserta lomba dapat mengetahui parameter dari keahlian mereka.