iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Bangkitkan Jiwa Entrepreneur Muda Melalui Pelatihan Desain Grafis Dan Video Editing Bersama Undiknas dan Ecu-Australia

Denpasar – Di dalam dunia yang saat ini terus berkembang, sektor usaha dituntut untuk dapat terus memberikan peforma terbaiknya dalam menarik calon pelanggan. Perusahaan saat ini memiliki banyak pilihan dalam melakukan cara pemasarannya berbeda dengan media terdahulu yang hanya terbatas pada media cetak, televisi dan radio yang menjadikan pemasaran perusahaan saat itu menjadi terbatas. Saat ini media online menjadi kekuatan yang sangat besar bagi perusahaan dalam melakukan marketing campaign, tentunya ini menjadikan persaingan antar tiap perusaaan semakin ketat karena mudahnya akses bagi para calon targeted costumer dalam membandingkan produk antar perusahaan sejenis dapat lebih mudah dilakukan. Merespon pada hal tersebut, perusahaan dituntut untuk memiliki marketing strategy yang dapat memenangkan hati targeted customer.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah menghasilkan marketing product berkualitas baik itu berupa konten video, foto maupun design grafis yang sesuai dengan target market yang diinginkan. Menyikapi hal tersebut, Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) melaksanakan Program Pelatihan Desain Grafis dan Video Editing yang dibuka untuk umum. Kegiatan ini merupakan sinergi dan realisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M) antara Undiknas dengan Edith Cowan University (ECU) Australia. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat melatih para pemilik usaha maupun personal dalam menghasilkan visualisasi konten-konten yang menarik untuk memasarkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Ditengah situasi adaptasi pada era normal baru, upaya untuk memajukan dan membangkitkan usaha atau bisnis perlu untuk dilakukan untuk tetap menjaga kualitas dan daya saing antar usaha atau bisnis yang sempat mati suri di tengah pandemi Covid-19.

Gambar 1. Salah satu mentor memaparkan materi mengenai digital marketing.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung sejak tanggal 14 hingga 20 Mei 2022 dan secara resmi dibuka oleh Vice Rector for Partnership and Entrepreneurship Undiknas, Bapak Agus Fredy Maradona S.E., Ak., MSA, Ph.D. dan juga dihadiri oleh perwakilan dari ECU-Australia, Associate Professor Hadrian G. Djajadikerta. Pelatihan dilaksanakan secara intensif kurang lebih selama 20 hari di Co-working Space Undiknas. Kegiatan dipadatkan dari sesi teoritis dan praktik mengenai hal-hal seputar desain grafis, digital marketing, dan video editing.

Mentor yang dihadirkan merupakan Dosen dan Tenaga Ahli dari Undiknas yang telah memiliki pengalaman yang cukup pada bidangnya masing-masing. Beberapa materi yang telah didapatkan oleh para peserta diantaranya adalah materi tentang desain grafis bagi pemula oleh Bapak Ketut Adi Wirawan S.Kom., materi basic filmora 9 oleh Bapak I Nyoman Sata Wiweka Nanda, S.Ikom., materi tentang digital marketing oleh Ibu Ida Ayu Iswari Pidada, S.ST.Par., M.M., juga materi lainnya yang berkaitan dengan praktik menghasilkan visualisasi konten yang menarik.

Gambar 2. Peserta pelatihan sedang melakukan praktik penggunaan Aplikasi Filmora 9.

Salah satu peserta dari kegiatan pelatihan ini merasa sangat senang dan terbantu dengan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Undiknas.

“Saya mendapatkan banyak hal yang belum pernah saya pelajari, video editing menjadi bagian yang paling menarik bagi saya. Saya mendapat banyak pengetahuan baru tentang penggunaan aplikasi video editing untuk menarik perhatian targeted customer melalui visualisasi produk yang akan ditawarkan.” kata Rama Maydhita peserta pelatihan.

Melalui kegiatan pelatihan desain grafis dan video editing yang dilaksanakan oleh Undiknas dan ECU diharapkan para peserta dapat mengembangkan kemampuannya dalam menghasilkan konten-konten marketing yang berkualitas untuk menunjang dan meningkatkan prospek usaha yang dimilki. Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan dapat membantu kebangkitan usaha-usaha lokal ditengah pemulihan ekonomi pada situasi era normal baru.