id info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Visitasi Hibah Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021 oleh KEMENDIKBUDRISTEK

Denpasar – Bertempat di Social Laboratory, Smart Solution Hall Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) telah terlaksana kegiatan Pemantauan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun anggaran 2021 (22/2/2022). Kegiantan ini dilaksanakan oleh tiga petugas dari Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, diantaranya; 1) Setyo Bimandoko selaku pengendali teknis, 2) Ari Fitria Wibowo selaku ketua tim, dan 3) Yusniar Marhaeni selaku anggota tim. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni 22 Februari 2022 – 23 Februari 2022 yang diawali dengan sekapur sirih oleh bapak Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM. selaku rektor Universitas Pendidikan Nasional. Adapun ketua pelaksana PKKM tahun anggaran 2021 ini yakni ibu Dr. Ni Wayan Widhiasthini, S.Sos., M.Si.

Dalam PKKM tahun anggaran 2021, terdapat dua program studi yang didanai yakni program studi manajemen dan program studi ilmu hukum. Penyampaian laporan pertama diawali oleh prodi ilmu hukum yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Putu Eva Ditayani Antari, SH., MH selaku Kepala Program Studi Ilmu Hukum yang selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh prodi manajemen yang diwakili oleh Komang Sri Widiantari, SE., MSI selaku Kepala Program Studi Manajemen. Adapun capaian tahun 2021 pada prodi ilmu hukum yakni 1) Telah dilaksanakan pemberian dana bantuan kepada masing-masing 20 mahasiswa dalam aktivitas pertukaran mahasiswa antara Universitas antar prodi, aktivitas magang, dan aktivitas kegiatan kemanusiaan dengan melakukan transfer dana ke masing-masing rekening mahasiswa dan 2) Terbangunnya Lab peradilan semu yang dilengkapi dengan peralatan teknologi.

Selanjutnya, untuk capaian tahun 2021 pada prodi ilmu manajemen, diantaranya, 1) Pada aktivitas pertukaran mahasiswa antara Universitas antar Prodi dapat mengembangkan wawasan mahasiswa terkait dengan digital bisnis dan peranan artificial intelligence dalam rangka pengembangan bisnis lokal, Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, kerja sama dengan dunia usaha dunia industri, Kerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah termasuk desa, serta peningkatan soft-skill dan hard-skill mahasiswa dalam berbagai program merdeka belajar kampus merdeka yang dicanangkan oleh perguruan tinggi, 2) Telah mendistribusikan bantuan dana insentif kepada  35 mahasiswa sesuai dengan timeline, serta 3) Telah dilengkapi Lab manajemen dengan sarana prasarana sesuai dengan yang dianggarkan.

Setelah penyampaan laporan oleh masing-masing perwakilan program studi, acara dilanjutkan dengan pengecekan dokumen laporan yang telah disusun baik oleh panitia maupun mahasiswa yang terlibat. Proses pengecekan berlangsung sampai keesokan harinya yang mana dilaksanakan juga diskusi-diskusi kecil terkait hal-hal yang tercantum pada laporan tersebut.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh program studi Ilmu Hukum dan Manajemen Universitas Pendidikan Nasional melalui bantuan hibah PKKM tidak mengalami kendala yang signifikan sehingga dapat terlaksana dengan baik serta dana bantuan yang diberikan telah terserap dengan baik pada masing-masing kegiatan yang telah dilaksanakan. Melalui bantuan hibah PPKM yang diberikan telah membantu dalam peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) pada program studi Ilmu Hukum dan Manajemen yang ada di Universitas Pendidikan Nasional. Harapan kedepannya agar bantuan-bantuan lainnya dapat digunakan secara maksimal dalam meningkatkan program-program yang dapat mendukung pengembangan Universitas Pendidikan Nasional menjadi Perguruan Tinggi yang dapat mencetak lulusan dengan kompetensi serta memiliki hard dan softskill yang handal serta terampil dalam teknologi dan mandiri secara kewirausahaan, sesuai dengan visi, misi, dan tagline Unibversitas Pendidikan Nasional.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian souvenir berupa kain endek kepada masing-masing petugas pemantauan PKKM oleh bapak Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM. selaku rektor Universitas Pendidikan Nasional serta berfoto bersama seluruh civitas akademika yang terlibat dalam kegiatan tersebut.