iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Rayakan Puncak Bulan Dies Natalis ke-53 Undiknas (BUDINATA): “Stay Creative and Stay Brave”

Denpasar – Bertempat di Auditorium Dwi Tunggal Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dilaksanakan Puncak Bulan Dies Natalis (BUDINATA) ke-53 (17/02/2022). Tentunya, momen perayaan puncak BUDINATA selalu menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh segenap Civitas Akademika Undiknas. Acara ini turut dimeriahkan dengan kehadiran Ketua Perdiknas Denpasar yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Bapak Ketut Gede Sri Diwya Tuvoli Amaraja, S.T., M.Int.Bus., M.Inf.Tech. selaku Bendahara Perdiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM. selaku Rektor Udiknas beserta jajarannya dan seluruh Civitas Akademika Undiknas. Dalam rangka mengakomodasi seluruh undangan ditengah adaptasi pada situasi Pandemi Covid-19, acara puncak BUDINATA Undiknas ke-53 diselenggarakan  secara hybrid melalui kehadiran langsung di Auditorium Dwi Tunggal dan secara daring melalui Zoom Meeting.

Acara pada sore hari itu, dibuka dengan Grand Launching of Tari Praba Shankara Undiknas, sebuah mahakarya Tari Penyambutan yang digarap oleh penari dari UKM Tari Bandha Iswari dan penabuh dari UKM Karawitan Taksu Abhinaya. Seluruh hadirin berhasil dihipnotis oleh pancaran Taksu Bali dari penampilan tari dan iringan penabuh yang sangat memukau. Acara dilanjutkan dengan Laporan Kegiatan BUDINATA ke-53 oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana, Bapak Dr. I Made Wirya Darma, S.H., M.H. Dalam laporannya, BUDINATA Undiknas ke-53 mengusung tema “Digitalization for Humanity“, dimana seluruh rangkaian kegiatan berpegang pada digitalisasi dan pengaplikasiannya, beliau juga menyampaikan rasa terima kasih untuk seluruh civitas akademika yang turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini. Sebuah video flashback rangkaian BUDINATA ke-53 juga turut diputar untuk mengingatkan kembali betapa ‘serunya’ rangkaian BUDINATA ke-53. Lebih lanjut, dilangsungkan acara penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba BUDINATA ke-53, penayangan video dari pemenang lomba content creator, pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang telah mengharumkan nama Undiknas, pemberian penghargaan kepada dosen berprestasi pada bidang Publikasi Karya Ilmiah tahun 2021, pemberian pendanaan Hibah Penelitian Kompetitif Internal Undiknas 2022, dan pemberian Stimulus Reward bagi pemenang Hibah Nasional Pendanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbud-Ristek & LPDP. Pemberian stimulus reward tersebut merupakan kebijakan baru di tahun 2022 sebagai bentuk motivasi bagi dosen dalam mengikuti kegiatan Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kemendikbud-Ristek. Hal itu juga sejalan dengan tag-line Undiknas yakni “Techno-Research-Preneur University”, dengan harapan Undiknas dapat melahirkan dosen yang berkualitas dan berintegritas. Di sela-sela acara penghargaan, hadirin dihibur oleh penampilan dari pemenang lomba Karaoke Pop dan Dangdut, dimeriahkan dengan sorak sorai hadirin yang menikmati penampilan tersebut.

Puncak acara Dies Natalis ke-53 tiba, sambutan dari Bapak Rektor Undiknas menjadi penanda puncak acara, dalam sambutannya Bapak Rektor menyampaikan capaian-capaian kinerja dan prestasi Undiknas periode 2021-2022 dan tidak lupa juga beliau mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim INTENS atas dimulainya tahun digitalisasi ini dengan peluncuran Undiknas Smart Access ID Card (U-SAID) secara resmi dan menjadikan Undiknas sebagai “Pioneer of Digital Campus” di Bali. Perayaan 53rd Anniversary of Undiknas ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue tart, diwakili oleh Bapak Rektor beserta jajarannya dan perwakilan civitas akademika Undiknas, juga disambut meriah oleh para hadirin baik luring maupun daring. Mendekati akhir acara, Bapak Bendahara Perdiknas selaku perwakilan dari Perdiknas Denpasar memberikan sepatah dua patah kata atas Perayaan Puncak BUDINATA ke-53 dari sore hingga malam hari itu, beliau menyampaikan bahwa angka 5 dan 3 merupakan perpaduan getaran energi dari kreativitas dan keberanian, melahirkan slogan “Stay Creative and Stay Brave”. Melalui slogan tersebut, diharapkan tahun ini Undiknas akan menjadi tahun sukacita belajar, karena menjadi sukses adalah perjalanan panjang maka dari itu, selalu berkaca untuk menjadi universitas yang unggul. Dengan ini, berakhirlah acara Puncak Bulan Dies Natalis (BUDINATA) Undiknas yang ke-53 dan ditutup dengan pengundian Door Prize dari sponsor perayaan BUDINATA ke-53 serta diakhiri dengan acara ramah tamah makan malam.