id info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

97% Dosen Undiknas Memiliki Kinerja Sangat Baik

Evaluasi penilaian kinerja dosen Undiknas untuk semester ganjil 2021/2022 telah selesai dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Akreditasi. Penilaian kinerja dosen ini menggunakan Standar Penilaian Kinerja Dosen yang telah ditetapkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Akreditasi dan dilakukan oleh mahasiswa Undiknas. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online (Sistem Informasi Akademik Undiknas). Penilaian ini dilakukan pada saat mahasiswa akan mengambil hasil studi (nilai). Kinerja dosen diukur dari empat dimensi, yaitu 1) kompensi pedagogik, 2) kompetensi profesional, 3) kompetensi kepribadian; dan 4) kompetenso sosial.

Hasil dari penilaian kinerja dosen dimanfaatkan oleh pimpinan guna meningkatkan komptensi tenaga pendidik dalam proses pembelajaran. Sasaran utama dari evaluasi kinerja dosen adalah untuk mengetahui indeks kinjerja akademik selama satu semester. Evaluasi ini diupayakan agar tercapaianya visi dan misi Undiknas.

Hasil evaluasi menunjukkan dari 171 orang dosen yang dievaluasi rata-rata dosen memiliki kinerja atau kompetensi yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian mahasiswa, sebanyak 166 orang dosen (97%) memiliki kompetensi yang Sangat Baik, dan sisanya sebanyak 5 orang (3%) memilki kompetensi Baik. Secara lebih detail kinerja dosen Undiknas pada Semester Ganjil 2021/2022 seperti grafik di bawah ini.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja dosen, ada beberapa rekomendasi yang diajukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Akreditasi kepada dosen Universitas Pendidikan Nasional melalui pimpinan, antara lain:

  1. Dosen Undiknas diharapakan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik mahasiswa.
  2. Dosen diharapkan memahami aplikasi yang tepat digunakan agar mahasiswa mudah memahami materi yang diberikannya.
  3. Dalam pembelajaran online dosen diharapkan mampu mendesain media pembelajaran yang disenangi oleh mahasiswa. Untuk itu dosen diharapkan memiliki pengetahuan di bidang teknologi informasi (Technological Pedagogical Dosen).