https://midwestcan.com/slot-deposit-pulsahttps://undiknas.ac.id/slot-deposit-pulsa/http://mednauki.ru/public/journals/1/slot-deposit-dana/https://arzdigital.com/-/slot-deposit-pulsa/https://instantproxies.com/slot-deposit-pulsa/https://recrutamento.facmais.edu.br/slot-deposit-dana/https://www.titansteel.co.th/wp-includes/-/situs-slot-gacor/https://www.trielht.com.br/libs/-/slot-gacor/https://www.mafermeenville.fr/wp-content/slot-dana/https://green-bike.sk/slot-deposit-pulsa/https://windsoruniversity.us/slot-deposit-pulsa/
iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Bersama KMB Universitas Pendidikan Nasional Senantiasa Berbuat Kebajikan, Mensucikan Hati dan Pikiran

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) melalui Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) dalam rangka merayakan Hari Suci Kathina menyelenggarakan rangkaian acara yang diikuti oleh seluruh anggota KMB Undiknas untuk ikut berperan dalam menyebarkan kedamaian serta menunjukan rasa bakti terhadap anggota Sangha yang telah melakukan masa Vassa selama 90 hari sebagai bagian dari perayaan hari Kathina bagi umat Buddha. (15/10/2022)

Perayaan Hari Kathina atau yang disebut juga Kathina Dana merupakan hari penuh berkah bagi umat Buddha untuk menanamkan benih kebajikan. Hari Kathina diperingati antara bulan Oktober sampai November. Kata Kathina berarti pakaian pahala yang diberikan setiap tahun kepada Sangha atau Kelompok Biksu/Bhikkhu sesudah pengunduran diri selama masa vassa. Selama masa vassa para Bhikkhu mengabdikan diri khusus untuk bermeditasi serta memperdalam ajaran Dharma ke tempat yang lebih sepi selama 90 hari.

Gambar 1. Suasana perayaan Hari Kathina bersama KMB Undiknas di Vihara Asoka Arama, Denpasar.

Rangkaian kegiatan perayaan Hari Kathina yang diselenggarakan oleh KMB Undiknas berlangsung di Vihara Asoka Arama, Denpasar yang diawali dengan agenda persiapan yang melibatkan panitia pelaksana dari KMB Undiknas dibantu oleh pengurus dari Vihara Asoka Arama. Agenda inti perayaan Hari Kathina diisi dengan persembahyangan bersama seluruh peserta juga masyarakat yang ikut hadir dan merayakan Hari Kathina di Vihara Asoka Arama, serta melakukan kegiatan berdana kepada para Sangha/Kelompok Bhikkhu dengan memberikan jubah Bhikkhuni, obat-obatan, perlengkapan mandi, dan dana. Selanjutnya diselenggarakan pula kegiatan Siripada Puja oleh seluruh peserta dengan melakukan peletakkan bunga Teratai dan lilin di sungai sebagai bentuk penghormatan serta rasa terimakasih kepada sang Buddha.

Gambar 2. Jajaran panitia pelaksana kegiatan perayaan Hari Kathina dari Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Pendidikan Nasional

Melalui perayaan Hari Kathina yang telah terlaksana, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Pendidikan Nasional berharap segala kontribusi yang diberikan dapat membawa manfaat serta kebaikan bagi penerimanya. Selaku panitia bersama seluruh peserta yang mengikuti kegiatan diharapkan dapat terus menyebarkan kebaikan serta ajaran Dharma untuk mempererat rasa persaudaraan antar mahasiswa maupun di masyarakat, membersihkan kilesa atau kotoran yang ada dalam batin, serta meningkatkan rasa bakti terhadap Sangha dan sesama makhluk hidup yang ada.