https://midwestcan.com/slot-deposit-pulsahttps://undiknas.ac.id/slot-deposit-pulsa/http://mednauki.ru/public/journals/1/slot-deposit-dana/https://arzdigital.com/-/slot-deposit-pulsa/https://instantproxies.com/slot-deposit-pulsa/https://recrutamento.facmais.edu.br/slot-deposit-dana/https://www.titansteel.co.th/wp-includes/-/situs-slot-gacor/https://www.trielht.com.br/libs/-/slot-gacor/https://www.mafermeenville.fr/wp-content/slot-dana/https://green-bike.sk/slot-deposit-pulsa/https://windsoruniversity.us/slot-deposit-pulsa/
iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Jelang Hari Raya Saraswati Civitas Akademika Universitas Pendidikan Nasional Gelar Ngayah Bersama

Denpasar – Bertempat di areal persembahyangan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) pada Jumat, 21 Oktober 2022, jajaran civitas akademika di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional menggelar acara ngayah dalam rangka mempersiapakan pelaksanaan hari raya Saraswati yang akan digelar besok pada 22 Oktober 2022. Agenda ngayah yang diadakan merupakan agenda rutin dilaksanakan menjelang hari raya Saraswati yang jatuh setiap enam bulan sekali (210 hari) atau pada Saniscara Umanis Wuku Watugunung. (21/10/2022)

Seluruh civitas akademika Undiknas mulai berkumpul bersama sejak pukul 07.00 WITA dan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan hari Sarawati. Seluruh jajaran yang hadir berkoordinasi dan bersama – sama menuntaskan segala persiapan yang dibutuhkan seperti pembuatan penjor, alat upakara dan banten, pemasangan wastra beserta dekorasi lainnya. Sebagai sebuah institusi di bidang pendidikan, hari Sarasawati menjadi hari yang sakral bagi Undiknas. Rasa suka cita sangat terlihat dalam suasana ngayah yang ada, moment hari Saraswati bukan hanya menjadi hari dimana umat hindu melaksanakan persembahayangan dalam memperingatinya, tetapi juga menjadi moment untuk memperkuat silaturahmi dan kerjasama antar civitas akademika di lingkungan Undiknas.

Hari raya Saraswati sendiri dalam ajaran agama hindu mengandung makna, sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan. Hari Saraswati menjadi hari penting bagi umat Hindu khususnya bagi siswa sekolah dan penggelut dunia pendidikan. Digambarkan dalam legenda bahwa Saraswati adalah dewi/istri Brahma. Saraswati adalah dewi pelindung/ pelimpah pengetahuan, kesadaran (widya), dan sastra. Berkat anugerah Dewi Saraswati, kita menjadi manusia yang beradab dan berkebudayaan. Hari raya Saraswati juga menjadi momen untuk mengingatkan manusia senantiasa menuntut ilmu pengetahuan. Terlebih ilmu pengetahuan selama masa brahmacari dianggap bekal kehidupan di masa berikutnya. Diharapkan melalui kegiatan ngayah yang dilaksanakan hari ini dapat semakin mempererat jalinan tali kekeluargaan yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional, serta semoga pelaksaan kegiatan pada hari Saraswati nantinya dapat berjalan lancara dan khidmat.