iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Ngambah Triasih Adiwangsa Babar Acarya Adhikari Peringatan ke 29 Tahun KBMHD Undiknas Gelar Kegiatan Donor Darah

Denpasar – Bertempat di Gedung C, Ruang 1.1, Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar. Telah berlangsung acara donor darah yang diikuti oleh masyarakat umum. Rangkaian acara donor darah yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Mahasiswa Hindu Dharma (KBMHD) Undiknas yang bersinergi dengan Rotary Club Bali dan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Bali. Acara ini merupakan bagian dari acara peringatan ulang tahun yang ke 29 KMBHD Undiknas. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yang diisi dengan kegiatan donor darah serta malam puncak HUT KBMHD yang diisi dengan kegiatan pemotongan tumpeng, sharing session dah hiburan dari UKM Tari Bhanda Iswari Undiknas. (26/6/2022)

Sebagai salah satu komponen paling penting yang ada di dalam tubuh, kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan dan proses melahirkan juga merupakan penyebab seseorang mengalami kekurangan darah akibat pendarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun, ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit sementara kebutuhan akan darah terus meningkat.

Gambar 1: Acara pemotongan tumpeng pada malam puncak HUT KBMHD Undiknas

Berlandaskan rasa kepedulian terhadap sesama KBMHD Undiknas bekerja sama dengan PMI Kota Denpasar menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan tema “Ngambah Triasih Adiwangsa Babar Acarya Adhikari” dimana yang berarti Melalui Harapan Yang Mulia Wujudkan Pelajaran Istimewa. Kegiatan donor darah dimulai pukul 09.00 WITA dengan peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, anggota aktif Keluarga Mahasiswa Hindu Darma (KBMHD) serta juga para undangan yang berkenan hadir dan berminat melaksanakan pendonoran darah.

Gambar 2: Pemberian hidangan pasca donor darah kepada peserta donor untuk menjaga stamina tubuh

Mengutip dari perkataan Dalai lama “Our prime purpose in this life is to help others. And if you can’t help them, at least don’t hurt them” yang berarti, tujuan utama kita dalam hidup ini adalah membantu orang lain. Dan jika kamu tidak dapat membantu mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka. KBMHD Undiknas berharap melalui acara ini diharapkan dapat membantu mempererat jalinan persaudaraan antar Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) di lingkungan Undiknas serta merealisasikan kegiatan pengabdian masyarkat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga mengimplementasikan ajaran Tat Twam Asi dalam bentuk kepedulian antar sesama umat manusia.