iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Bangkit Bersama Pasca Pandemi Inspirational Talk Bersama Airlangga Hartarto

Denpasar – Ketidakpastian adalah tantangan yang terus menggelayuti kinerja ekonomi dunia di masa pandemi. Di tahun 2022 banyak negara mulai melonggarkan kembali pembatasan sosial karena merasa telah mampu meredam pandemi. Di Indonesia, situasi pademi telah terasa lebih terkendali jika dibandingkan pada tahun 2021, pemerintah terus berupayan mengatur kebijakan ditengah resiko ketidak pastian lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi.(11/7/2022)

Konflik Rusia dan Ukraina juga turut memberikan dampak pada perekonomian dunia dan juga Indonesia, Peningkatan suku bunga acuan The Fed dalam meredam lonjakan inflasi turut memberikan tekanan terhadap pemulihan perekonomian Nasional saat ini. Pengendalian pademi yang komprehensif menjadi fokus pemerintah dalam pemulihan ekonomi Nasional. Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., dalam seminar yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dengan tajuk “Inspirational Talk Bersama Airlangga Hartarto: Bangkit Bersama Pasca Pandemi & Mini Expo Studenpreneur” Menko Airlangga Hartarto sebagai narasumber memberikan pandangannya terhadap arah kebijakan pemerintah dalam memulihkan perekonomian Nasional.

“Dalam rangka memulihkan pertumbuhan ekonomi dukungan dari berbagai kebijakan pemerintah terus dilakukan, salah satu contohnya adalah tentang kebijakan pemberian bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima, pemilik warung, dan kebijakan KUR dengan tingkat bunga rendah yang diinisiasi untuk membantu pelaku UMKM sekaligus mendorong konsumsi masyarakat.” Ujar Menko Airlangga dalam sesi diskusi seminar.

Gambar 1: Menko Airlangga bersama Rektor Undiknas, jajaran Wakil Rektor dan mantan Duta Besar Indonesia untuk New Zealand beserta mahasiswa Undiknas dalam sesi foto bersama

Seminar berlangsung di Auditorium Dwi Tunggal, Gedung A Undiknas pada Juli 2022. Dihadiri oleh Rektor Undiknas Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., yang turut meberikan opening remark dalam sesi pembuka acara seminar. Turut hadir juga jajaran wakil rektor beserta jajaran dosen dan puluhan mahasiswa dari lingkungan Undiknas. Dr.(H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., sebagai narasumber hadir di damping oleh Deputi 1 Kemenko, Deputi 4 Kemenko dan Bapak Tantowi Yahya yang merupakan mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru yang telah menyelasikan masa tugasnya di akhir tahun 2021 kemarin. Acara seminar berlangsung dengan penuh antusias dari para pesertanya, Menko Airlangga Hartanto hadir bersama jajarannya disambut dengan penuh semangat dari kalangan mahasiswa yang mengikuti acara seminar. Terdapat juga berbagai UMKM dalam kegiatan mini expo Studentpreneur dari mahasiswa yang ikut menarik perhatian dari Menko Airlangga Hartarto.

Gambar 2: Penyerahan kenang-kenangan oleh Rektor Undiknas Prof. Shribawa kepada Menko Airlangga Hartarto pada sesi akhir acara seminar di Undiknas

Melalui kegiatan seminar dan mini expo yang diselengarakan Undiknas dapat disimpulkan jika peran generasi muda sebagai generasi penerus sangat di perlukan dalam mempercepat laju pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui UMKM laju pertumbuhan ekonomi terus di pacu pemerintah, inisatif dan kreatifitas tinggi dari anak-anak muda diperlukan demi terwujudnya berbagai inovasi baru sehingga dapat menghasilkan produk dan layanan unggulan yang dapat bersaing di pasar dan memutar roda perekonomian. Acara seminar diakhiri dengan penyerahan sertifikat berserta kenang-kenangan dari Undiknas kepada Menko Airlangga dilanjutkan kegiatan foto bersama seluruh peserta seminar yang hadir.