iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Mawapres Undiknas: Representasi Undiknas di Ajang Akademik Bergengsi Tahun 2022

Denpasar – Kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tahun 2022 tingkat universitas kembali digelar oleh Unit Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Social Laboratory, Smart Solution Hall, Gedung A Undiknas (14/06/2022). Kegiatan Pemilihan Mawapres merupakan salah satu ajang kemahasiswaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sebelum berkompetensi di tingkat nasional, mahasiswa-mahasiswa antar perguruan tinggi swasta berkompetensi dengan perguruan tinggi lain di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti)-nya masing-masing.

Setelah melewati tahapan demi tahapan seleksi pemilihan mawapres di tingkat fakultas, tiga orang mahasiswa, perwakilan dari masing-masing fakultas, akhirnya bertemu untuk berkompetensi kembali di tingkat universitas. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Galih Harisson Suryaraditya, Komang Maya Sukmawati dan Merva Puri Salvia  Mereka adalah mahasiswa terpilih yang menjadi representasi dari masing-masing fakultasnya.

Gambar 1. Sesi Presentasi oleh Salah Satu Peserta Seleksi Mawapres Undiknas.

Reviewer atau pembahas pada saat kegiatan seleksi final mawapres tingkat universitas adalah Ibu Dr. AAA. Ngurah Sri Rahayu Gorda, S.H, M.M., M.H., yang juga merupakan Vice Rector for Human Resources and Finance dan Bapak Dr. I Made Wirya Darma, S.H., M.H., yang juga merupakan Vice Rector for Students Affairs and Alumni. Masing-masing peserta mempresentasikan karya ilmiah dan unjuk talentanya masing-masing untuk meyakinkan kedua reviewer agar dapat menjadi perwakilan Undiknas ke Ajang Pemilihan Mawapres tingkat LLDikti Wilayah VIII. Persaingan akan semakin ketat di tingkat LLDikti, untuk selanjutnya dapat melaju ke tingkat nasional.

Gambar 2. Sesi Foto Bersama Reviewer dengan Tiga Mawapres Terbaik Undiknas.

Menurut panitia pelaksana, adanya acara ini sangat penting bagi mereka dalam meningkatkan kemampuan akademik Mahasiswa Undiknas. Para peserta juga dapat ikut menyalurkan minat dan bakat mereka melalui setiap tahapan seleksi yang dilaksanakan. Kegiatan berlangsung dengan penuh antusiasme dari para pesertanya, reviewer yang hadir pun mengapresiasi semua kerja keras yang telah dilakukan oleh para peserta. Setelah sesi diskusi antar reviewer yang berlangsung cukup alot, akhirnya, terpilih seorang mahasiswi atas nama Merva Putri Salvia dari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Undiknas yang akan mewakili Undiknas dalam Ajang Pemilihan Mawapres di tingkat LLDikti Wilayah VIII. Semoga Merva dapat membawa nama baik Undiknas ke ajang nasional.