iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Inisiasi Wirausaha Musik Oleh Wirausaha Muda Undiknas

Denpasar – Kegiatan berwirausaha kini semakin banyak dilirik oleh kalangan anak muda, mimpi untuk dapat menjadi seorang pebisnis/wirausahawan sukses sering kali menjadi tujuan dan cita-cita seorang anak milenial. Berbeda halnya dengan era 90-an, dimana menjadi abdi negara seolah menjadi sebuah tujuan mutlak yang menjadi ukuran kesuksesan seseorang. Bergesernya paradigma ini tentu memperoleh pengaruh besar dari pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digitalisasi yang semakin berkembang pada hampir seluruh lini kehidupan.

Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki visi dan misi untuk melahirkan wirausaha muda berbakat (talented entrepreneur) melalui pemanfaatan teknologi informasi. Sejalan dengan tagline Undiknas, Techno Research-preneur University, Undiknas memiliki perspektif bahwa teknologi yang terus berkembang saat ini merupakan kunci terhadap pengembangan segala aspek Tridharma Perguruan Tinggi, termasuk perkembangan kegiatan wirausaha dalam meningkatkan skala atau kapasitas usaha yang ada.

Gambar 1 : Gung surya bersama tim dalam mengikuti program BAIK Undiknas

Salah satu program Undiknas dalam mewujudkan hal tersebut adalah melalui diselenggarakannya program BAIK, yang merupakan akronim dari Hibah Internal Kewirausahaan Mahasiswa Undiknas. Melalui program ini, Undiknas memberikan bantuan dana bagi wirausahawan muda Undiknas yang memiliki potensi untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Mahasiswa Undiknas juga mengajak serta rekannya dari perguruan tinggi lain untuk turut berkolaborasi dan berkreasi dalam merealisasikan ide bisnis mereka.

Ditemui di Lobby Gedung A Undiknas, salah satu pemenang hibah Program BAIK 2022, Anak Agung Bagus Surya Dharma Kumara, Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas (1/6/2022). Gung Surya, begitu dia akrab disapa, saat ini sedang berada pada semester 4 bersama 4 rekannya memiliki ide bisnis yang sangat menarik berkaitan dengan wirausaha musik. Berawal dari ketertarikannya pada dunia musik, Gung Surya merupakan seorang musisi yang kerap tampil dalam acara musik di café, restoran, dan beberapa event kampus.

Gung Surya melihat adanya peluang dalam dunia musik yang terkhusus pada pengelolaan sumber daya manusia. Dia berkolaborasi dengan empat rekannya membuat sebuah sistem berbasis aplikasi yang dapat menjadi jembatan antara seorang artist atau talent dengan para pemilik acara atau venue yang memerlukan jasa mereka. Memilih nama “ACCORD MUSIC PRODUCTION”, ide bisnisnya mengahdirkan sebuah aplikasi berbasis website, yang menawarkan secara detail tentang sistem pemesanan jasa artist atau talent yang telah bergabung dalam manajemennya. Cara dia memaparkan ide bisnisnya mendapatkan perhatian lebih dari para reviewer. Salah satu reviewer menyampaikan jika ide bisnis yang ditawarkan oleh Gung Surya memiliki peluang yang cukup besar, terlebih pada situasi pasca pandemi. Melalui Program BAIK Undiknas 2022, Gung Surya dan tim mendapatkan pendanaan sebesar Rp. 17.000.000,00 (Tujuh Belas Juta Rupiah) sebagai modal awal dalam pengembangan bisnisnya.

Gambar 2 : Tahapan Bootcamp program BAIK Undiknas

Menurut Gung Surya dalam sesi wawancara tersebut, dia menjelaskan bahwa dana tersebut akan digunakan sebagai dana operasional untuk mengembangkan website sebagai media utama pengembangan bisnisnya. Bersama dengan timnya, dia optimis dengan apa yang telah dia bangun saat ini dan berharap apa yang saat ini ingin dicapainya dapat membawa dampak baik serta dapat menyelasaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Kedepannya, Gung Surya dan rekan-rekannya berharap agar Undiknas semakin maju dan bisa selalu memperhatikan dan memfasilitasi minat dan bakat mahasiswanya.