iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Sigap Atasi Permasalahan Parkir Akibat Perkuliahan Luring

Denpasar – Setelah lebih dari sepekan, aktivitas kampus dinonaktifkan dalam rangka mengikuti cuti bersama dan libur Idul Fitri 1443 Hijriyah, 9 Mei 2022 lalu menjadi hari pertama kembali dilaksanakannya kegiatan operasional kampus. Tidak hanya itu, kegiatan pembelajaran tatap muka juga sudah mulai diterapkan pada seluruh program studi yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas). Setelah lebih dari dua tahun lamanya, Undiknas hanya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring), ketika diterapkan sistem pembelajaran secara luar jaringan (luring), ternyata kebutuhan terhadap sarana dan prasarana penting untuk menjadi perhatian.

Hal itu terlihat dari ruang kelas yang selalu penuh dengan jadwal perkuliahan yang beruntun, lorong kelas yang mulai ramai dengan canda tawa mahasiswa, dan fasilitas parkir yang kian sesak dengan ribuan civitas akademika yang hadir setiap harinya. Fasilitas parkir menjadi sorotan yang utama pada keramaian yang terjadi di Undiknas, mahasiswa yang tidak mendapatkan parkir di areal kampus kerap kali harus memarkir kendaraan mereka di sekitar taman depan areal kampus. Kondisi ini menunjukkan antusiasme dan semangat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan secara luring juga mengobati kerinduan mereka terhadap Undiknas tercinta.

Gambar 1. Antrean kendaraan yang akan memasuki areal kampus Undiknas.

Kemacetan yang terjadi di sekitar areal kampus juga di jalanan depan kampus menimbulkan pemandangan yang tidak biasa, di hari pertama perkuliahan secara tatap. Terpantau sejak pagi suasana kampus sangat ramai dipenuhi dengan kendaraan mahasiswa yang hendak mengikuti kegiatan pembelajaran di kampus. Tak banyak dari organisasi kemahasiswaan juga mulai mengadakan program kerja mereka di kampus sehingga kegiatan kemahasiswaan tersebut turut menyumbang kemacetan yang terjadi. Tawa bahagia mahasiswa jelas terlihat dari setiap canda yang mereka hadirkan. Undiknas turut bersyukur bahwa mereka tidak kehilangan masa-masa perkuliahan penuh cerita mereka.

Gambar 2. Situasi Areal Parkir Undiknas yang dipenuhi kendaraan mahasiswa.

Banyaknya civitas akademika yang membawa kendaraan roda empat juga membuat sesaknya areal parkir Undiknas. Tim satuan keamanan Undiknas secara sigap bergerak untuk segera mengatasi masalah ini dengan menerapkan sistem valley parking bagi kendaran roda empat mahasiswa sehingga dapat secara efisien dapat memanfaatkan areal parkir yang ada. Kendaraan roda dua ditata dengan rapi untuk memudahkan arus kendaraan yang keluar masuk sehingga kepadatan arus kendaraan dapat teratasi.

Semoga dengan mulai terlaksananya kegiatan belajar secara luring dapat menjadi awal normalisasi kegiatan-kegiatan kampus, yang beberapa waktu lalu sempat tersendat akibat dampak dari pandemi yang melanda di seluruh negeri.