iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Siap Kucurkan Dana Milyaran Bagi Mahasiswa Yang Berjiwa Wirausaha

Denpasar – Berita baik baru saja disiarkan oleh Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) melalui media sosial yang dimilikinya (26/04/2022). Salah satu media sosial yang paling banyak mendapatkan perhatian masyarakat belakangan ini adalah Instagram. Undiknas kembali meluncurkan program pendanaan bagi proposal bisnis terbaik mahasiswa, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sudah termuat dalam Peraturan Rektor Undiknas. Undiknas memberikan bantuan dana dengan total hingga 1 Milyar Rupiah kepada mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha dan telah siap dengan ide bisnisnya. Program ini siap memberikan bantuan pendanaan maksimal sebesar 20 juta rupiah untuk tiap ide usaha mahasiswa. Relaisasi pendanaan akan dilakukan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 mendatang.

Program hibah internal kewirausahaan mahasiswa ini terkhusus ditujukan kepada mahasiswa aktif Undiknas yang memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi untuk dapat mengembangkan usaha mereka secara lebih terarah, berkelanjutan, dan tentunya memiliki prospek yang baik kedepannya. Program hibah ini telah melalui banyak penyempurnaan sejak peluncurannya di tahun 2021 lalu, kini program hibah ini dilabeli dengan Program BAIK (Program Hibah Internal Kewirausahaan).

Setelah sukses dengan menghantarkan beberapa realisasi ide bisnis mahasiswa di tahun 2021, kini program hibah ini kembali hadir dan berharap akan lebih banyak lagi mahasiswa yang tertarik untuk turut serta. Melalui Unit Inkubator Bisnis, Undiknas akan membina serta mengarahkan mahasiswanya untuk dapat mengembangkan ide usahanya dan membentuk PT Perseorangan kedepannya. Program ini juga akan dirangkaian dengan kegiatan bootcamp serta workshop yang berlangsung selama dua hari satu malam. Tentunya, dalam dua kegiatan tersebut, mahasiswa akan dibina dan diberikan mentoring oleh orang-orang yang telah ahli di bidangnya.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi mahasiswa atau calon wirausaha muda yang ada di lingkungan Undiknas. Selain mendapatkan bantuan dana, para peserta tentu akan dibekali dengan banyak ilmu-ilmu baru dalam berwirausaha, yang nantinya dapat meningkatkan daya saing produk mereka di masyarakat.

Gambar 1. Kegiatan kewirausahaan Undiknas

Program BAIK membuka pendaftarannya bagi para wirausaha muda Undiknas hingga 16 Mei 2022. Seluruh persyaratan yang berkaitan dengan program BAIK serta petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dapat di unduh melalui website Undiknas; www.undiknas.ac.id atau dapat berkunjung langsung ke Inkubator Bisnis Undiknas di Re-start Co-working space dan juga mengikuti info-info terkini melali akun Instagram @Undiknas dan @Inbis.Undiknas.

Gambar 2 : Penyajian produk wirausaha di undiknas

Sosialisasi program BAIK juga terus dilakukan, salah satunya melalui kegiatan webinar yang akan diinisiasi oleh Inkubator Bisnis Undiknas dan Tim Panitia Pelaksana Program BAIK. Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada calon peserta pendanaan yang beminat mengikuti program ink agar dapat lebih memahami bagaimana alur pendaftaran yang dapat ditempuh untuk mengikuti Program BAIK 2022.