iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Tingkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa, KMB Undiknas Hadirkan Seorang Psikolog Dalam Sebuah Talkshow

Denpasar – Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) artinya adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Insecure yang ada di dalam diri kita juga bisa berkaitan dengan diri sendiri yang memang tidak memiliki kemampuan untuk bisa menahan emosi dan juga kesulitan dalam pembagian emosi yang ada di dalam level tertentu.

Akibat lain yang akan ditimbulkan dari rasa insecure tersebut adalah seseorang bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa disebabkan mungkin karena berat badan yang dirasa berlebih, warna kulit yang berbeda, dan perbedaan fisik lainnya ataupun segala perbedaan yang menyebabkan seseoarang merasa insecure sehingga timbul rasa tidak aman dari dalam dirinya untuk berinteraksi.

Gambar 1. Alexandra Arvia, S.Psi., M.Psi., Psikolog dalam menyampain materi di acara KMB Undiknas.

Merespon hal tersebut, Keluarga Mahasiswa Budis (KMB) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) mengadakan kegiatan Talkshow dengan mengusung tema; “Say No to Insecurity, Show Your Ability”, sebagai bentuk edukasi kepada kalangan generasi muda dalam menumbuhkan kepekaan di dalam diri mereka melalui pembelajaran dalam pengembangan kemampuan pribadi serta belajar lebih mengenal karakter diri secara lebih mendalam (22/4/22).

Acara yang diselenggarakan di salah satu tempat ngopi di Kawasan Peguyangan, “Berbagi Ruang & Kopi” tersebut, berlangsung dengan peserta berjumlah 109 orang (berdasarkan informasi yang diperoleh dari panitia penyelenggara melalui wawancara singkat).

“Estimasi peserta yang ikut awalnya 150 orang namun, menjelang tanggal pelaksanaan kegiatan, kami hanya mendapat konfirmasi dari 109 orang. Tapi, kami sangat bersyukur dengan jumlah peserta yang dapat mengikuti kegiatan talkshow sehingga kegiatan kami dapat berjalan sesuai dengan rencana”, ujar Ketua Panitia Acara Talkshow, Kelvin Cahya Utomo.

Gambar 2. Peserta acara KMB Talkshow “Say No to Insecurity, Show Your Ability”.

Talkshow ini menghadirkan seorang praktisi pada bidang ilmu Psikologi atas nama Alexandra Arvia, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai pembicara atau narasumber. Mba Alexandra, begitu beliau akrab disapa, membagikan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan juga tips untuk menghadapi rasa tidak percaya diri yang timbul pada pribadi seseorang. Selain sesi penyampaian materi dari narasumber, KMB Undiknas juga berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Theater Dodol Undiknas sebagai pengisi acara untuk menyuguhkan selingan acara hiburan kepada peserta yang telah hadir.

Terselenggaranya kegiatan Talkshow “Say No to Insecurity, Show Your Ability” ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa yang tergabung dalam KMB dengan unit kegiatan mahasiswa lainnya yang ada di lingkungan Undiknas. Kedepannya, KMB berharap dapat menjalin sinergi yang lebih erat antar komunitas Keluarga Mahasiswa maupun UKM lainnya, tentunya melalui pelaksanaan program-program kerja lintas organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan Undiknas.