iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Jelang Evaluasi Lapangan Oleh Dikti, Undiknas Gelar Bimtek dengan Menghadirkan Pakar dari UT

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) atau kegiatan pendampingan, yang menghadirkan narasumber dari Universitas Terbuka (UT) Jakarta (18/04/2022). Kegiatan pendampingan merupakan realisasi dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah disepakati oleh Undiknas dan UT beberapa waktu lalu. Lebih khusus, kegiatan bimtek atau pendampingan dimaksudkan untuk mematangkan kesiapan Undiknas menjelang Evaluasi Lapangan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) oleh Direktorat Kelembangaan Dikti. Pada kesempatan tersebut, Rektor Undiknas, Prof. Shribawa, hadir bersama dengan jajaran pengelola Program PJJ, tim pengajar, dan juga tim teknis penyelenggaraan PJJ.

Narasumber yang berkesempatan hadir adalah seorang pakar dalam hal pembelajaran jarak jauh yakni Bapak Dr. R. Benny Agus Pribadi. M.A. dari Universitas Terbuka Jakarta. Hadir pula dalam pertemuan tersebut, Bapak Agus Tatang Sopandi, S.Sn., M.Pd., Pimpinan UT Denpasar serta tim lainnya dari Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) UT Pusat Jakarta. Walaupun kegiatan bimtek dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, tetap tidak mengurangi esensi dan antusiasme dari tim PJJ Undiknas dalam mendengarkan pemaparan materi dari pemateri.

Gambar 1. Suasana bimbingan teknis yang dilaksanakan di Social Laboratory Smart Solution Hall Undiknas.

Bapak Dr. Beny memberikan beberapa masukan yang dirasa menjadi poin penting dalam keberhasilan pelaksanaan program PJJ di Undiknas. Beliau juga menekankan bahwa yang menjadi poin penting adalah kegiatan pada asynchronous learning melalui modul dan aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dihadirkan pada modul. Mahasiswa program PJJ akan lebih banyak belajar dengan metode asynchronous learning melalui Learning Management System (LMS) sehingga inovasi, kreasi, dan rancangan aktivitas pembelajaran yang interaktif sangat diperlukan. Sebagaimana yang telah menjadi komitmen Undiknas, untuk terus belajar dari berbagai pihak, pada kesempatan kali ini, Undiknas menghadirkan narasumber dari UT yang dikenal sebagai pelopor dalam pelaksanaan program belajar jarak jauh di Indonesia.

Gambar 2. Antusiasme Tim Undiknas dalam menghadiri Bimtek PJJ dari UT Pusat.

Adanya bimbingan teknis dari UT ini, diharapkan dapat semakin memantapkan kesiapan Undiknas dalam Evaluasi Lapangan Program Studi PJJ Manajemen Program Sarjana. Jika tidak ada halangan, rencananya pada tanggal 21 – 23 April 2022 mendatang, Undiknas akan dikunjungi oleh Tim Evaluator dari Direktorat Kelembagaan Dikti Kemdikbud-ristek. Tim Evaluator akan hadir untuk mengevaluasi kesiapan sarana dan prasarana, kurikulum, dan dosen yang akan menjadi indikator pendukung dalam penyelenggaraan Program PJJ. Tim evaluator rencana akan hadir ke Undiknas sebagai kampus pusat dan ke Unit Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Undiknas yang berlokasi di Kabupaten Klungkung. Melalui upaya yang telah maksimal dilakukan dan ditengah keterbatasan waktu yang ada dalam persiapan, diharapkan Undiknas dapat memperoleh hasil yang memuaskan ketika kegiatan evaluasi lapangan dan dapat segera mengantongi ijin untuk penyelenggaraan program PJJ.