iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Siap Buka Program Studi Doktor Pertama: Tim Evaluator Dikti Terpukau dengan Kesiapan Undiknas

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menyambut kedatangan tim evaluator Direktorat Kelembagaan, Dikrektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka Evaluasi Lapangan Usulan Pembukaan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Undiknas di Auditorium Dwi Tunggal (11/03/2022).  Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari persyaratan yang harus dipenuhi Undiknas dalam melakukan pengajuan pembukaan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen. Adapun tim dari Direktorat Kelembagaan yang hadir pada kegiatan evaluasi lapangan tersebut, diantaranya Tim Evaluator; 1) Prof. Dr. Ir. Euphrasia Susy Suhendra, M.S., 2) Prof. Indah susilowati, Ph.D., dan 3) Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T., Psikolog. juga hadir Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) 8; Prof. Dr. I Nengah Dasi Astwa, M.Si., serta Tim dari Dit. Kelembagaan diantaranya adalah Henriette Minerva, Eko Prasetyo, Abdul Roshid, Anggraini, dan Siska Alce Pangemanan.

Kegiatan Evaluasi Lapangan diawali dengan sambutan dari Kepala LLDikti 8, dilanjutkan dengan Sambutan dari Badan Penyelenggara Undiknas yakni Ketua Perdiknas Denpasar, Dr A.A. Ngurah Eddy Suriyadinata Gorda, S.sos., M.Si., dan kesempatan berikutnya diberikan kepada Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., untuk menyampaikan poin-poin penting sesuai dengan isian pada instrumen akreditasi minimum pembukaan prodi doktor baru. Dalam waktu yang bersamaan, Tim Evaluator membagi tugas sesuai dengan penugasan dari Direktorat Kelembagaan. Prof. Dr. Ir. Euphrasia Susy Suhendra, M.S. dan Prof. Indah susilowati, Ph.D. tetap berada di Ruang Auditorium untuk mendengarkan presentasi dari Tim Pengusul Undiknas, yang pada kesempatan itu diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik, Dr. Ni Wayan Widhiasthini, S.Sos., M.Si. Kedua evaluator mengkroscek poin-poin yang disampaikan pada saat sesi presentasi dengan isian pada instrumen yang dikirimkan sebelumnya, khususnya pada riwayat publikasi masing-masing dosen, tim evaluator langsung mengecek pada scopus.com dan memastikan jika Guru Besar yang akan menjadi Promotor telah memiliki publikasi sebagai penulis pertama.

Pada waktu yang bersamaan, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T., Psikolog., didampingi oleh Ketua Perdiknas Denpasar dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Dr. A.A.A.Ngr. Sri Rahayu, S.H., M.M., M.H. melakukan pengecekan sarana dan prasarana penunjang penyelenggaraan Program Doktor Ilmu Manajemen Undiknas. Fasilitas penunjang pembelajaran yang menjadi perhatian dari evaluator adalah ruang belajar mandiri, ruang dosen, ruang Guru Besar, yang kiranya akan digunakan oleh mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Undiknas. Kesiapan ruangan dan sarana prasarana pendukung lainnya sangat mempengaruhi penialaian yang diberikan oleh tim evaluator. Tidak hanya itu, kesiapan product knowledge tentang alur pendaftaran pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen juga dikroscek melalui simulasi pendaftaran dengan tenaga kependidikan yang ditugaskan. Secara keseluruhan, tim evaluator memberikan respon yang positif terhadap apa yang mereka lihat di lapangan baik dari segi kesiapan fasilitas sarana dan prasarana maupun dari segi kurikulum yang dijabarkan sebagai landasan awal dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Program Studi Doktor Ilmu Manajemen nantinya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Evaluasi Lapangan oleh pihak Undiknas dengan pihak Evaluator Direktorat Kelembagaan Dikti, dilanjutkan dengan penyampaian overall review dari perwakilan Tim Evaluator yakni, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T., Psikolog. dan ditutup dengan closing statements dari Rektor Undiknas. Tim dari Direktorat Kelembagaan menyampaikan jika pihak Undiknas diberikan waktu selama kurang lebih 2 minggu untuk melengkapi hal-hal yang menjadi catatan Tim Evaluator untuk diperbaiki. Undiknas sangat berharap jika hasil evaluasi lapangan dapat disetujui oleh Direktorat Kelembagaan Dikti untuk selanjutnya dapat dilakukan validasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Ijin Penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Undiknas dapat segera diterbitkan dalam waktu dekat. Kedepannya juga Undiknas diharapkan  dapat terus meningkatkan kiprahnya sehingga tidak hanya pada bidang ilmu manajemen tetapi program doktor pada bidang keilmuan lain juga dapat diselenggarakan di masa yang akan datang.