iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Dialog Rektor Undiknas : Evaluasi Perjalanan Bali Khususnya pada Sektor Ekonomi Tahun 2021

Rektor Universitas Pendidikan Nasional Prof. Dr.Ir.Nyoman Sri Subawa, S.T.,S.Sos.,M.M  berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam Dialog Lintas Denpasar Pagi di RRI Bali. Adapun pembahasan dialog hari ini membahas tentang Evaluasi Perjalanan Bali Khususnya pada Sektor Ekonomi Tahun 2021. Suatu kebanggaan bagi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), seorang akademisi-nya dapat berkontribusi pada pembahasan topik menarik diatas.

Dalam dialognya, Bapak Rektor menyampaikan bahwa ketika kita mencermati pandemi tahun 2021 khususnya di daerah Bali, dapat dikatakan masih terpuruk. Terpuruknya ekonomi Bali akibat pandemi dikarenakan ketergantungan Bali terhadap sektor pariwisata. Penutupan akses masuk bagi para wisatawan telah menyebabkan terhentinya berbagai jenis usaha. Tingkat pengangguran dan kemiskinan semakin banyak di tahun 2021. Melihat kondisi yang seperti ini, kita tidak boleh berdiam diri dan menunggu kapan sektor pariwisata akan pulih kembali. Pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerjasama, misalnya dengan memberikan pendampingan edukasi terhadap UMKM secara terintegrasi dan komperensif dari hulu ke hilir dalam mengoptimalkan pendapatan agar dapat menarik minat beli masyarakat.

Keterlibatan Inkubator bisnis Undiknas dan UKM Kewirausahaan Undiknas dalam hal ini sangat besar pengaruhnya bagi para generasi muda. Institusi Pendidikan, terutama Perguruan Tinggi sebagai lembaga pengembangan ilmu pengetahuan, diharapkan mampu menjadikan kewirausahaan sebagai salah satu pembahasan yang menarik sehingga dapat mempersiapkan mahasiswanya bukan hanya sekedar menjadi job seeker tetapi untuk menjadi job creator. Adapun untuk dapat melahirkan seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif perlu dimulai dari proses pendidikan dengan mengenalkan, menggali dan mengembangkan sikap kewirausahaan sehingga nantinya para lulusan Perguruan Tinggi dapat bertindak professional dan berpikir jauh kedepan.

Selanjutnya, Bapak Rektor Universitas Pendidikan Nasional, Prof. Dr.Ir.Nyoman Sri Subawa, S.T.,S.Sos.,M.M juga berpesan bahwa kita harus bergerak secara bersama-sama, jangan menyalahkan keadaan dan jangan menyalahkan siapapun karena ini adalah masalah kita bersama. Mari kita dukung regulasi pemerintah dan kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Bali yang bertaraf nasional maupun internasional, agar nantinya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat tidak hanya sesaat tetapi memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.