id info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Administrasi dan Birokrasi: SALUT Undiknas Adakan Pelatihan Kesekretariatan bagi Ormawa

Bertempat di Antonio Gramsci Room, Unit Student Affairs and Alumni (SALUT) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Kesekretariatan pada tanggal 4 Januari 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 56 peserta dari masing-masing perwakilan Ormawa Universitas Pendidikan Nasional. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait dengan arti dan pentingnya sekretariat serta tata cara kesekretariatan yang baik dan benar agar terciptanya organisasi yang tertib, rapi dan teratur. Pelatihan ini berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 WITA dengan pembawa materi yang memiliki pengalaman dalam bidang kesekretariatan yaitu Ibu Ni Gusti Agung Ayu Mas Tri Wulandari, S.H, M.H yang sekaligus merupakan Sekretaris Vice Rector for Students Affairs and Alumni (VR SALUT).

Pada pelatihan kali ini, pemateri membahas tentang bagaimana relasi antara administrasi dan birokrasi dalam sebuah organisasi. Lebih spesifik tentang bagaimana cara membuat proposal, bagaimana cara membuat surat, membuat laporan pertanggung jawaban, membuat sertifikat yang baik dan benar, mengetahui prosedur/birokrasi yang terkait dengan kegiatan Organisasi Kemahasiswaan serta apa saja komponen-komponen yang terdapat didalamnya. Kegiatan Pelatihan Kesekretariatan tersebut sangat penting dilaksanakan, mengingat dalam suatu organisasi khususnya Organisasi Mahasiswa tentu ada sebuah penataan administrasi dan surat menyurat yang sangat untuk kelanjutan operasional organisasi tersebut.

“Sesungguhnya aktivitas dalam unit kesekretariatan sangatlah kompleks, untuk itu diperlukan manajemen kerja yang terukur serta pola pikir dan budaya organisasi yang baik.” Ujar, Ibu Gung Wulan, sapaan akrab Sekretaris VR SALUT, yang selalu menebar senyum semangat.

Suasana pada saat pelatihan berlangsung cukup kondusif dan semua mahasiswa yang hadir sangat antusias serta memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh pemateri. Ibu Ni Gusti Agung Ayu Mas Tri Wulandari, S.H, M.H. berharap setelah diadakannya pelatihan kesekretariatan ini, ilmu yang diberikan pada pelatihan kali ini bisa bermanfaat untuk kedepannya, baik untuk Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Undiknas maupun organisasi lainnya, kelak ketika mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa telah terjun langsung ke dunia kerja.