https://midwestcan.com/slot-deposit-pulsahttps://undiknas.ac.id/slot-deposit-pulsa/http://mednauki.ru/public/journals/1/slot-deposit-dana/https://arzdigital.com/-/slot-deposit-pulsa/https://instantproxies.com/slot-deposit-pulsa/https://recrutamento.facmais.edu.br/slot-deposit-dana/https://www.titansteel.co.th/wp-includes/-/situs-slot-gacor/https://www.trielht.com.br/libs/-/slot-gacor/https://www.mafermeenville.fr/wp-content/slot-dana/https://green-bike.sk/slot-deposit-pulsa/https://windsoruniversity.us/slot-deposit-pulsa/
iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

FGD Universitas Pendidikan Nasional Dorong Generasi Muda Berpikir Kritis, Substantif, Dan Berani Berbicara

Denpasar – Focus Group Discussion (FGD) merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dalam rangka memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Ilmu Komunikasi (ILKOM) di kalangan Mahasiswa baru program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Pendidikan Nasional. Kegiatan FGD berlangsung secara offline yang pada tahun lalu program kerja ini harus terlaksana secara online akibat pandemi Covid-19. Kegiatan terselenggara di Ruangan Antonio Gramsci & Michel Foucault gedung A Undiknas, bertepatan dengan perayaan hari kesaktian Pancasila. (1/10/2022)

Gambar 1. Sesi penyerahan sertifikat pada narasumber yang telah berkesempatan hadir

Kegiatan FGD oleh HIMAPRODI ILKOM mengusung tema “Menciptakan Generasi Muda yang Mampu Berpikir Kritis, Substantif, dan Berani Berbicara”, dengan diikuti oleh 260 mahasiswa baru angkatan 2022. FGD HIMAPRODI ILKOM tahun 2022 tersebut mengundang Bapak Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M.Si selaku Dekan FISHUM dan Ibu Nuning Indah Pratiwi, S.Sos,. M.I.kom. selaku Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai narasumber dan juga juri dari sudut pandang dosen. Turut hadir Ade Rahayuni yang merupakan salah satu mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2020 yang juga menjadi juri dari sudut pandang mahasiswa, BEM-PM, DPM, BEM-FHIS, BPM-FHIS, Hima Hukum, Hima Administrasi Negara, dan Dewan Pembina angkatan 2018 & 2019.

Dengan jumlah mahasiswa baru yang sebanyak 260 orang tersebut, kegiatan FGD terbagi menjadi 2 kloter dengan 2 tim di tiap kloternya. Kegiatan diawali oleh pembukaan oleh MC serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa yang kemudian diikuti dengan Laporan Ketua Panitia, sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Ilmu Komunikasi (HIMAPRODI). Puncak kegiatan diisi dengan pembacaan mosi debat oleh moderator, sesi diskusi, debat, dan ditutup dengan sesi kesimpulan.

Gambar 2. Sesi foto bersama dalam kegiatan FGD HIMAPRODI ILKOM

Melalui terselenggaranya FGD HIMAPRODI ILKOM diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menumbuhkan karakter keberanian dalam berpendapat khususnya mahasiswa baru program studi Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi tidak bisa dianggap sesuatu yang sederhana dalam berbicara, namun melalui pembelajaran di  jurusan Ilmu Komunikasi juga mengajarkan bagaimana kita berani tampil untuk berbicara di depan umum dengan tujuan menyampaikan sebuah informasi yang kemudian akan dapat diterima dengan baik oleh orang lain atau pendengar.

Panitia penyelenggara khususnya Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Ilmu Komunikasi berharap dapat memberikan sebuah wadah untuk mahasiswanya untuk berani tampil berbicara dengan berdasarkan dengan berpikir kritis serta substantif. Semoga dengan adanya kegiatan ini para pesertanya mampu mengembangkan kemampuan serta ilmunya dalam berbicara di depan orang dan tetap percaya diri yakin bahwa dengan belajar semua orang pasti bisa.