iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Gelar Study Banding ke Unair, Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Sistem Keorganisasian

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang sistem keorganisasian mahasiswa, menggelar kegiatan studi banding ke Universitas Airlangga (UNAIR). Sebagai wadah untuk bertukar informasi, pengembangan pola pikir, daya nalar, dan kreativitas mahasiswa, adanya organisasi yang menaungi hal tersebut perlu untuk terus dapat menampung seluruh aspirasi dan kebutuhan mahasiswa yang ada di dalamnya. (1/6/2022)

Berlandaskan hal tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) & Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ilmu Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) UNDIKNAS menyelenggarakan kegiatan study banding menuju UNAIR.

“Sebagai sebuah badan eksekutif yang menaungi Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial harus memiliki modal dalam mengembangkan badan itu sendiri. Bukan hal mudah untuk tetap berdiri dengan wawasan sistem organisasi yang sedikit. Maka dari itu, Studi Banding FHIS 2022 mengupayakan membangun sistem yang lebih kokoh dalam menjalankan suatu organisasi” kata ketua panitia pelaksana Chelsea Jov Jon’s Murav dalam wawancaranya.

Gambar 1: Sesi diskusi antara mahasiswa UNDIKNAS dan UNAIR

Kegiatan Studi Banding FHIS 2022 diawali dengan briefing panitia baik dari UNDIKNAS bersama panitia dari UNAIR. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan pembukaan dari Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden BEM FISIP UNAIR, Gubernur BEM-FHIS, Ketua BLM FISIP UNAIR, dan Ketua BPM-FHIS UNDIKNAS. Antusiasme dari peserta UNDIKNAS dan UNAIR yang lebih dari 50 peserta turut memeriahkan kegiatan Studi Banding FHIS 2022. Tak hanya itu, setiap divisi dalam masing-masing organisasi turut melakukan brainstorming. Dari isu-isu politik, PEMIRA, administrasi, dan alur dalam menjalankan suatu sistem keorganisasian yang tentunya berbeda dibahas secara menarik dalam kegiatan study banding kemarin. Setiap organisasi memiliki ciri khasnya masing-masing dan merupakan fakta menarik bagi BEM & BPM-FHIS UNDIKNAS.

UNAIR dalam sistem organisasinya menggunakan sistem partai dalam melaksanakan suatu organisasi. Dimana, saat salah satu partai mendominasi akan membuat seluruh anggota dalam partai tersebut ikut serta dalam dominasi suatu pemerintahan mahasiswa. Dalam menjalankan sistem administrasi, sekretaris BEM dan BLM FISIP UNAIR memiliki kemudahan dalam melakukan revisi dan persetujuan dari Dekan terkait karena sistem yang dijalankan melalui surel/online serta dalam menjalankan setiap program kerja, organisasi mahasiswa di UNAIR sudah diberikan dana oleh lembaga sehingga mahasiswa dengan leluasa melaksanakan program kerja yang dijalankan. Walaupun terlihat UNAIR memiliki kemudahan, tetapi BEM dan BPM-FHIS UNDIKNAS memiliki hal yang sangat berbeda dari BEM dan BLM UNAIR. Organisasi kemahasiswaan UNDIKNAS Denpasar akan melakukan pengukuhan terlebih dahulu dan akan mengabdi sebagai seorang aktivis selama 3 tahun. Berbeda dengan UNAIR yang memberlakukan sistem organisasi selama satu tahun masa jabatan saja.

Gambar 2: Penyerahan kenang-kenangan dari Undiknas dalam kegiatan study banding ke UNAIR

Setelah dilaksanakannya brainstorming, kegiatan dilanjutkan dengan acara games dan pemberian buah tangan dari masing-masing organisasi sebagai penghangat dalam memperkuat hubungan yang terjalin. Akhir yang tentunya tidak mengakhiri hubungan erat dari UNDIKNAS dan UNAIR ditutup dengan Kampus Tour. UNDIKNAS dan UNAIR meninggalkan kesan kuat dan persahabatan dalam perjalanan Studi Banding FHIS 2022. Diharapkan melalui kegiatan study banding yang telah terlaksana kemarin peserta dapat lebih memahami tentang bagaimana sistem-sistem organisasi dalam suatu komunitas berjalan, dapat memperkenalkan UNDIKNAS khususnya Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, serta menjadi sarana pengembangan pola pikir dalam menjalankan suatu organisasi, dan bertukar informasi mengenai sistem pemerintahan yang dianut oleh BEM & BLM FISIP UNAIR.