iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Real Action for Social Activity (REAFOTY) #6 “Gerakan Mahasiswa JUMANTIK Pemusnah Jentik UNDIKNAS”

Denpasar – Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HIMAPRODI Manajemen) Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) mengadakan Real Action for Social Activity (REAFOTY) #6 dengan mengusung tema “Gerakan Mahasiswa JUMANTIK Pemusnah Jentik”. REAFOTY #6 dilaksanakan dalam memberi pengetahuan mengenai bagaimana cara menjadi Juru Pemantau Jentik (JUMANTIK) mandiri di rumah dan di lingkungan sekitar kepada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas. Terdapat tiga rangkaian acara REAFOTY #6 yaitu: fogging, penyuluhan, dan JUMANTIK. (24/6/2022)

Setelah sebelumnya pada Juni 2022 dilaksanakan fogging bersama dengan Dinas Kesehatan Gianyar yang berlokasi di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar. Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Gianyar, Desa Bedulu memiliki persentase jentik lebih dari 3% sehingga perlu dilaksakan fogging di area desa tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan fungsionaris HIMAPRODI Manajemen Undiknas serta inti REAFOTY #6. Kegiatan REAFOTY #6 berlanjut pada Juli 2022 dengan diagendakan dua kegiatan yaitu penyuluhan serta JUMANTIK yang dilaksanakan secara hybrid. Penyuluhan mengundang pembicara I Made Maba, SKM selaku Sub Koordinator P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dan juga Fungsional Epidemiolog Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Tahun 2022 dengan membawakan materi yang berjudul DBD vs JUMANTIK. Kegiatan ini diikuti oleh kalangan mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas.

Gambar 1: Perwakilan mahasiswa bersama dinas terkait Kota Gianyar dan jajaran pengurus desa setempat

Kegiatan REAFOTY #6 berlangsung pada pukul 08.00 – 14.20 WITA bertempat di Balai Serba Guna, Banjar Selat, Desa Belega, Blahbatuh, Gianyar. Kegiatan penyuluhan dan JUMANTIK ditutup dengan foto bersama. Kegiatan REAFOTY #6 dapat diselenggarakan dengan lancar dan sukses baik secara offline maupun online via Zoom Meeting. Diharapkan dari kegiatan ini, seluruh peserta yang hadir dapat mengambil pengetahuan yang telah disampaikan oleh narasumber serta dapat mempraktekannya menjadi JUMANTIK mandiri di rumah dan di lingkungan sekitar sehingga dapat mengurangi resiko penyebaran Demam Berdarah Dengeu (DBD).

Gambar 2: Mahasiswa bersama tim saat melaksanakan kegiatan fogging di desa Bedulu

Dengan diadakannya kegiatan REAFOTY #6 ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang pencegahan DBD melalui 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) dan dapat membantu masyarakat di desa-desa untuk melakukan upaya mitigasi dan pemberantasan jentik untuk mengurangi resiko penyebaran DBD. Kegiatan REAFOTY #6 juga dihadiri oleh Head of Management Department Undiknas yaitu Komang Sri Widiantari. S.E., MSi., yang sekaligus sebagai pembuka acara pada kegiatan REAFOTY #6 ini, lalu undangan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Undiknas, BEM-PM Undiknas, Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Undiknas, International Class Student Association Undiknas, serta Dewan Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Undiknas.