iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Implementasi MBKM di Universitas Bersama Undiknas

Denpasar – Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang lebih dikenal dengan MBKM merupakan respon terhadap tantangan dunia pendidikan dalam peningkatan kualitas lulusan serta peningkatan mutu belajar di perguruan tinggi. Dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim pada Januari 2020 lalu. Merujuk pada Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, MBKM mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia mengimplementasikan seluruh program MBKM dalam rangka mempersiapkan kompetensi mahasiswa secara matang agar dapat merespon kebutuhan zaman saat ini. (4/8/2022)

Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) sebagai salah satu Universitas yang ada di Indonesia tentu ikut merespon serta mengimplementasikan apa yang menjadi program-program strategis pemerintah. Adanya program MBKM diharapkan menjadi solusi pemerintah bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan mutu belajar mahasiswa di perguruan tinggi.

Gambar 1. Rektor Undiknas bersama Vice Rector of Academic Development dalam sesi dialog interaktif bersama Kompas TV

Dalam dialog interaktif yang di gelar oleh Kompas TV, Rektor Undiknas Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM. didampingi oleh Vice Rector of Academic Development Dr. Ni Wayan Widhiasthini, S.Sos., M.Si. menyampaikan, Undiknas sebagai Universitas tentu ikut menerapkan program MBKM, merespon kebijakan pemerintah secara cepat merupakan langkah yang wajib dilakukan Undiknas.

“Undiknas sebetulnya telah mulai menerapkan konsep merdeka belajar sejak 2019, adanya Permendikbud tentang MBKM tentu semakin memantapkan strategi pembelajaran Undiknas dalam menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di dunia usaha dan industri masa kini” ujar Prof Sri Subawa.

Gambar 2. Rektor Undiknas didampingi Vice Rector of Academic Development bersama tim Kompas TV

Senada dengan Rektor Prof Sri Subawa, Ibu Widhiasthini selaku wakil rektor menyampaikan “MBKM merupakan salah satu program pemerintah yang dapat menjadi solusi bagi Universitas dalam proses Transfer Knowledge ke mahasiswa dalam menjajaki dunia industri masa kini”

MBKM menjadi moment bagi dunia pendidikan dan juga mahasiswa untuk dapat terus berkembang dalam merespon perubahan. Sebagai Universitas dengan tagline Techno Research-preneur University, Undiknas berkomitmen untuk terus dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Melalui peningkatan mutu, sarana serta sumberdaya Undiknas berharap dapat menghasilkan lulusan yang dapat menjadi pelopor dalam kemajuan teknologi dan industri di masa mendatang.