iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Gelar Table Manner & Personality Development Undiknas Pacu Mahasiswa Lebih Mengenal Potensi Diri

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dalam rangka meningkatkan dan menggali potensi diri mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Table Manner  dan Personality Development pada Juli 2022 kemarin. Table Manner  dan Personality Development Undiknas diselenggarakan di Inna Sindhu Beach Sanur, yang diikuti oleh para mahasiswa yang berasal dari Jurusan Ilmu Manajemen, Hukum, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknologi Informasi dengan keseluruhan peserta berjumlah sebanyak 643 orang. Kegiatan berlangsung sepenuhnya secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir sebagai narasumber dalam acara Table Manner  dan Personality Development Dr. Ni Wayan Widhiasthini, S.Sos., M.Si. selaku Vice Rector for Academic Development Undiknas. (4/7/2022)

Gambar 1: Dr. Ni Wayan Widhiastini, S. Sos., M.Si. bersama perwakilan dari Inna Sindhu Beach dalam memparkan materi Table Manner dan Personality Development

Sesi awal acara dimulai dengan penyampaikan profile singkat tentang Inna Sindhu Beach yang disampaikan oleh pihak Inna Sindhu serta pembukaan acara oleh Vice Rector for Academic Development Undiknas Dr. Ni Wayan Widhiastini, S. Sos., M.Si. diikuti dengan pemaparan materi mengenai pengembangan potensi diri bagi mahasiswa yang hadir. Kegiatan dilanjutkan dengan materi seputar jenis, cara penggunaan alat makan serta etika di meja makan yang dibawakan oleh instruktur Inna Sindhu Beach I Gede Sukesna. Pada sesi akhir peserta mendapatkan praktik langsung tata cara makan dalam kegiatan jamuan resmi. Hal yang menarik disaksikan peserta pada sesi terakhir acara table manner para peserta mendapatkan hiburan berupa atraksi juggling yang merupakan teknik atraksi dalam meracik minuman dari pihak hotel. Selama kegiatan berlangsung para peserta turut didampingi oleh tim panitia dari tim akademik Undiknas.

Gambar 2: Sesi paraktik tata cara makan dalam acara jamuan resmi

Melalui pemberikan pembekalan Table Manner  dan Personality Development ini diharapkan semua peserta pelatihan dapat mengetahui tata cara dalam kegiatan jamuan resmi serta mengetahui potensi diri masing-masing, sebagai sarana untuk membangun jati diri, minat serta bakat yang ingin dicapai, dan cita-cita di masa depan. Pengembangan kepribadian atau personality development juga merupakan salah satu syarat penting bagi mahasiswa perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja. Memiliki kepribadian unggul, kreatif, dan responsif penting dilatih agar mampu bersaing di dunia kerja maupun di masyarakat. Mahasiswa sebagai seseorang individu diharapkan mampu menunjukkan keunikan serta potensi diri yang dimiliki sehingga dapat membedakan dirinya dengan orang lain. Kegiatan Table Manner dan Personality Development kali ini berjalan dengan baik dan lancar serta penuh antusias dari mahasiswa mengikuti saat kegiatan berlangsung.