iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Boost Your Investment Thought with KSPM Undiknas, Sebuah Pembicaraan Tentang Pasar Modal

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar dalam menyikapi perkembangan yang terus terjadi saat ini, melalui Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Undiknas Denpasar yang merupakan salah satu kelompok mahasiswa yang ada di Undiknas menyelenggarakan kegiatan Webinar bertajuk SEBIN (Seminar Bincang Investasi) 2022 yang mengangkat tema “Boost Your Investment Thought with KSPM UNDIKNAS”. Pengetahuan mengenai pasar modal dewasa ini menjadi topik hangat yang seolah menjadi sesuatu yang wajib di ketahui oleh kalangan mahasiswa. Jajaran Institusi Pendidikan Tinggi saat ini sangat menggalakkan gerakan entrepreneurship, yang sangat kuat kaitannya dengan permodalan dan tentunya pasar modal menjadi pusat sumber daya dalam meraih modal tersebut.  Mahasiswa sebagai calon lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi pelopor terhadap kemajuan dengan segala ilmu yang telah mereka peroleh di masa pendidikannya. (5/07/2022)

Gambar 1: Panitia penyelengara seminar Boost Your Investment Thought with KSPM UNDIKNAS

Terselenggaranya kegiatan Boost Your Investment Thought with KSPM UNDIKNAS merupakan bentuk jawaban mahasiswa terhadap pentingnya pengetahuan serta kesadaran terhadap fungsi serta bagaimana memaksimakalan pemanfaatan pasar modal di masyarakat. Meningkatnya minat masyarakat dalam berinvestasi tanpa di bekali dengan pengetahuan yang cukup mengenai pasar modal sangat beresiko memberikan kerugian pada calon investor, sehingga sangat penting bagi calon investor untuk memahami betul akan apa serta bagaimana cara memahami pergerakan di pasar modal. Pemahaman yang baik mengenai dasar-dasar dalam berinvestasi di pasar modal dapat memberikan peluang dalam meraih keuntungan bagi calon investor muda di masa depan.

Gambar 2: Pembicara seminar yang hadir dalam kegiatan Boost Your Investment Thought with KSPM UNDIKNAS

Kegiatan seminar diselenggarakan pada secara online melalui ZOOM meeting. Antusiasme peserta sangat terlihat dalam acara ini, meski terselenggara secara online peserta yang mengikuti menembus angka 100 peserta, yang mayoritas bersal dari lingkungan mahasiswa Undiknas. Dalam kegiatannya materi seminar pertama yang dipaparkan seputar instrument investasi Exchange Traded Fund (ETF) dipaparkan oleh Narasumber yang akrab di sapa Kak Krisna Handayani, beliau merupakan Capital Market Consultant Representative Office IDX Bali.

Dilanjutkan dengan materi mengenai pembahasan instrument investasi saham oleh Helen Vincentia selaku Equity Analyst PT Phillip Sekuritas Indonesia dan materi terakhir yang membahas mengenai bagaimana pengelolaan psikologi yang baik dalam berinvestasi di pasar modal yang dipaparkan oleh Axel Jeremy selaku Co-Founder of Zinvestor.id. Setelah sesi materi tuntas di bahas kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi, para peserta yang hadir mendapatkan kesempatan berdiskusi bersama narasumber tentang berbagai hal yang ingin mereka ketahui dalam memulai investasi di pasar modal. Melalui kegiatan ini panitia penyelenggara berharap mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai hal-hal penting dalam berinvestasi di pasar modal serta bagaimana pentingnya pengelolaan emosi secara psikologi dalam berinvestasi.