iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Melatih Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Expo Kewirausahaan – Mahasiswa-Preneur

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dalam upayanya untuk terus menghasilkan generasi-generasi muda yang berjiwa wirausaha, kembali menggelar Expo Kewirausahaan sebagai tugas akhir mahasiswa yang mengambil mata kuliah wajib dasar Kewirausahaan (15/06/2022). Kegiatan Expo Kewirausahaan yang berlangsung di lapangan basket Undiknas, kali ini dilabeli dengan nama Mahasiswa-Preneuer. Kegiatan ini turut mengundang keramaian dari mahasiswa yang menjajakan produk-produk kreatif mereka, juga dari pembeli yang hadir untuk sekedar mencicipi jajanan yang disuguhkan.

Mahasiswa-preneur 2022 menghadirkan berbagai startup bisnis mahasiswa yang dikemas dalam berbagai macam produk kreatif nan inovatif hasil originalitas karya mahasiswa dari perkuliahan mata kuliah Kewirausahaan selama satu semester. Melalui acara ini, mahasiswa menjalankan usaha mereka dengan sekelompok mahasiswa lainnya dan kedepannya diharapkan dapat menjaring calon pelanggan untuk dapat mengembangkan skala usaha mereka.

Gambar 1. Suasana keramaian dalam acara Expo Kewirausahaan Mahasiswa-Preneuer Undiknas.

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tidak terlepas dari generasi muda sebagai “gudang” kreatifitas diversifikasi produk yang dapat ditawarkan kepada masyarakat. Generasi muda saat ini menjadi sumber daya produktif dengan ide-ide kreatifnya dalam membuka usaha dan menawarkan produk kreatif yang memiliki nilai jual. Adanya perkembangan yang cukup pesat pada sektor UMKM saat ini, sangat membantu pemerintah dalam menekan tingkat pengangguran pada usia produktif. Semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktifitas yang dihasilakan sehingga memberikan dampak dan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi nasional.

Gambar 2. Salah satu product mahasiswa dalam Acara Expo Kewirausahaan Mahasiswa-Preneuer Undiknas.

Melalui mata kuliah Kewirausahaan dan expo kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Undiknas, kedepannya diharapkan secara berkelanjutan dapat melatih kreatifitas generasi muda dan meningkatkan jiwa kewirausahaan mereka sehingga dapat terus berinovasi dan menghasilkan produk maupun jasa inovatif yang dapat menarik minat pasar. Kegiatan expo ini juga menjadi wadah bagi para wirausaha muda untuk dapat bertukar pikiran tentang ide-ide inovatif yang mereka miliki dan menciptakan ruang dalam berkolaborasi untuk menghasilkan produk baru yang unik dan bernilai jual tinggi.