iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

UKM Kewirausahaan Undiknas: Mendalami Wirausaha Melalui Business Collaboration And Realization 2022

Denpasar – Wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran pruduk serta mengatur permodalan usaha. Universitas Pendidikan Nasional (Undikans) melaui Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (UKM KWh), sebagai wadah untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat mereka dalam berwirausaha, menghadirkan Program Business Collaboration and Realization 2022 atau yang mereka labeli dengan istilah BCR KWh Undiknas 2022.

BCR KWh Undiknas 2022 akan diisi dengan tour ke satu perusahaan atau company visit, dimana peserta akan dapat melihat langsung dan belajar bagaimana cara perusahaan tersebut dalam mengelola usahanya. Tema yang di ambil dalam kegiatan ini adalah “Explore and Develop Potential to Becoming a Creativepreneur”. Kegiatan BCR 2022 oleh UKM Kewirausahaan ini diselenggarakan di Secret Garden Village Luwus (28/05/2022) dengan peserta berjumlah 40 orang.

Gambar 1. Pemaparan materi oleh Kho Purwanto Kurniawan, S.Farm., Apt.

Kegiatan BCR KWh Undiknas 2022 diawali dengan doa bersama serta menyanyikan lagu Indonesia raya diikuti dengan agenda sambutan. Kegiatan diisi dengan berkeliling lokasi usaha Secret Garden Village Luwus, lokakarya serta penyampaian materi seputar kewirausaan oleh Kho Purwanto Kurniawan, S.Farm., Apt. selaku Operational Ass Manager PT. Natura Pesona Mandiri.

Di era digital saat ini, semakin banyak orang memilih menjadi wirausahawan, baik dari kalangan muda maupun yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan para wirausahawan ingin menghasilkan profit yang besar guna untuk menunjang kehidupan mereka sendiri melalui pemanfaat teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga memberikan alasan yang cukup besar bagi kaum milenial untuk mulai berwirausaha. Dengan digital literacy yang mereka miliki, mereka akan lebih mudah mendekati target pasar.

Banyak dari mereka yang tidak memiliki kemampuan yang mencukupi namun, berani mengambil resiko menjadi seorang wirausaha. Pada kondisi yang berbeda, terdapat banyak orang yang sudah memiliki talent untuk menjadi seorang wirausaha namun, masih memiliki rasa keraguan dalam mnjalankan bisnisnya atau bahkan memulainya. Hal itulah yang mendorong banyak penggiat wirausaha atau komunitas wirausaha untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seperti workshop atau seminar kewirausahaan untuk mengajak semakin banyak orang yang mulai menekuni dunia bisnis.

Gambar 2. Penyerahan kenang-kenangan kepada narasumber.

Melalui kegiatan ini, panitia dari BCR KWh Undiknas 2022 berharap para peserta dapat menggali dan mengembangkan potensi dan kreativitas yang mereka miliki dan merealisasikannya tanpa ada rasa keraguan, sehingga nantinya dapat menjadikan mereka sebagai seorang wirausahawan yang memiliki daya saing di masyarakat. Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah bagi para peserta terbaik yang mengikuti rangkain acara lokakarya, pemberian kenang-kenangan kepada pembicara serta ditutup dengan sesi foto bersama.