iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Kenalkan Budaya Lokal Kepada Mahasiswa Asing, Undiknas Menyasar Pasar Tradisional Dan Festival Budaya

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menyelenggarakan short excursion program sebagai bentuk kegiatan akhir dari mahasiswa/i asing yang mengikuti program short course di Undiknas. Kegiatan ini diselenggarakan dibawah koordinasi Undiknas International Office. Setelah dilanda Pandemi Covid-19 selama kurang lebih 2 (dua) tahun lamanya, untuk pertama kalinya kini Undiknas dapat menyelenggarakan program ini dengan mengajak mahasiswa asing berkenalan langsung dengan budaya lokal Bali. Ditengah kesibukannya, Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM. berkesempatan untuk ikut turun langsung mengantarkan mahasiswa asing Undiknas ke Pasar Badung dan mengunjungi Pesta Kesenian Bali (PKB) di Art Centre Denpasar (15/06/2022). Prof. Shribawa, begitu civitas akademika menyapa beliau, didampingi oleh Head of Undiknas International Office, Bapak Ida Nyoman Basmantra, S.Pd., M.Pd., M.M., atau biasa dikenal dengan Bapak Basma beserta staff beliau.

Gambar 1 : Mahasiswa asing Undiknas ketika berkunjung ke Pasar Badung

Mahasiswa asing yang sebagian besar berasal dari Jerman tersebut, diperkenalkan secara langsung tentang kearifan lokal Bali yang di Pasar Tradisional Bali. Mereka diberikan sejumlah rupiah untuk kemudian digunakan membeli sayur-sayuran dan buah-buahan sesuai dengan catatan pada daftar belanja yang telah mereka dapatkan. Antuasiasme berbelanja mahasiswa sangat jelas terlihat dari keseruan mereka melakukan tawar – menawar harga dengan penjual. Para pedagang yang ada di Pasar Badung juga terlihat sangat senang dan bangga dengan Bahasa Indonesia yang dipraktikkan oleh mahasiswa asing. “When I go for shopping in my country, mostly they offered a fixed price so, I cannot do this kind of negotiation process. That was so fun and challenging of course.”, ungkap salah satu mahasiswa asing, Julia.

Tidak cukup sampai di Pasar Badung, mahasiswa asing tersebut kemudian diajak mengunjungi Pesta Kesenian Bali (PKB) di Art Centre Denpasar. Mereka diajak untuk mengunjungi berbagai macam kerajinan lokal Bali (mulai dari kain tradisional, perhiasan, lukisan, hingga hiasan dekoratif karya pengrajin lokal) serta menyaksikan langsung pertunjukan lokal Bali yang sedang dipentaskan kala itu. Diakhir sesi, Rektor Undiknas mengajak mahasiswa/i asing, peserta Undiknas Short Course Program untuk mencicipi kuliner khas Bali dekat Obyek Wisata Goa Lawah. Setelah menikmati hidangan kuliner santap siang, kegiatan excursion program ditutup dengan sesi penyerahan sertifikat kelulusan program oleh Rektor Undiknas kepada mahasiswa asing peserta Undiknas Short Course Program – June 2022 di Obyek Wisata Pantai Goa Lawah.

Gambar 2 : Kunjungan Mahasiswa asing Undiknas ke pesta kesenian Bali 2022

Melalui kegiatan ini, Rektor Undiknas berharap mahasiswa asing yang saat ini telah menyelesaikan short course program di Undikans tidak hanya mendapatkan ilmu dari sisi akademik, tetapi juga dapat lebih mengenal bagaimana budaya lokal yang ada di Bali sebagai sebuah pengalaman budaya yang tak ternilai, dan tentunya dapat menjadi pengalaman berharga bagi mereka ketika kembali ke negaranya masing-masing. Undiknas juga berharap kedepannya dapat lebih banyak lagi mahasiswa/i asing yang datang ke Undiknas, tidak hanya mengambil short course program tetapi, mengambil degree program.