https://midwestcan.com/slot-deposit-pulsahttps://undiknas.ac.id/slot-deposit-pulsa/http://mednauki.ru/public/journals/1/slot-deposit-dana/https://arzdigital.com/-/slot-deposit-pulsa/https://instantproxies.com/slot-deposit-pulsa/https://recrutamento.facmais.edu.br/slot-deposit-dana/https://www.titansteel.co.th/wp-includes/-/situs-slot-gacor/https://www.trielht.com.br/libs/-/slot-gacor/https://www.mafermeenville.fr/wp-content/slot-dana/https://green-bike.sk/slot-deposit-pulsa/https://windsoruniversity.us/slot-deposit-pulsa/
iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Kampus Undiknas Kembali Lengang, Kemana Semua Civitas Akademikanya?

Denpasar – Sejak diterapkan surat edaran tentang perkuliahan tatap muka pada bulan Mei 2022 lalu, Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) sempat kesulitan menghadapi lonjakan jumlah mahasiswa yang datang ke kampus. Hal tersebut juga berpengaruh pada kebutuhan lahan parkir yang semakin terdesak dengan ribuan kendaraan memenuhi hampir semua sisi di Undiknas sehingga banyak juga kendaraan yang terpaksa parkir di luar areal Undiknas.

Gambar 1. Suasana areal luar Undiknas selama perkuliahan tatap muka diterapkan.

Menghadapi permasalahan tersebut, Pengelola Undiknas bekerja keras untuk dapat mengatur arus lalu lintas serta memaksimalkan areal parkir yang ada untuk meminimalisisr penumpukan arus kendaraan yang nantinya dapat memicu terjadinya kemacetan di jalan utama menuju Undiknas. Hingga perlahan permasalahan ini dapat teratasi dengan baik. Tetapi, tak berselang lama setelah pembelajaran tatap muka diberlakukan, Kampus Undiknas kembali lengang, sepi, tanpa hiruk pikuk kendaraan mahasiswa. Barisan kendaraan yang pada minggu-minggu sebelumnya memenuhi area parkir Undiknas hingga ke luar areal kampus tidak terlihat lagi mulai 13 Juni 2022 tempo hari.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, sepinya suasana Kampus Undiknas dikarenakan sedang berlangsungnya kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) yang secara penuh diselenggarakan secara online. Hal itulah yang menyebabkan tidak banyak aktivitas mahasiswa di kampus. Terlebih lagi, setelah jadwal UAS berakhir, mahasiswa/i aktif Undiknas akan langsung menggunakan hak mereka untuk menikmati liburan akhir semester hingga tahun akademik 2022/2023 beberapa minggu mendatang.

Kegiatan UAS di semester genap tahun akademik 2021/2022 ini, merupakan agenda akhir dari proses pembelajaran mahasiswa selama satu semester sekaligus menjadi penanda semakin dekatnya periode penerimaan mahasiswa baru di Undiknas untuk tahun akademik 2022/2023. Jajaran Pengelola Undiknas memprediksi jika keadaan kampus akan kembali padat ketika masa perkuliahan tatap muka kembali diselenggarakan. Terlebih lagi, organisasi kemahasiswaan (ormawa) Undiknas yang semakin aktif untuk menyelenggarakan program kerja mereka.

Gambar 2. Sejumlah Mahasiswa Undiknas sedang berbincang-bincang di depan Lobby Gedung A

Adanya mahasiswa baru yang akan memulai masa perkuliahan mereka di tahun akademik 2022/2023 juga di perkirakan akan jauh menambah kepadatan lalu lintas di Undiknas. Dengan demikian, pengaturan yang lebih intensif agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti permasalahan kekurangan area parkir dan kemacetan yang dapat terjadi akibat padatnya arus kendaraan, penting untuk menjadi pertimbangan segenap jajaran Pengelola Undiknas.

Rektor Undiknas, Prof. Shribawa mengkonfirmasi jika pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam manghadapi lonjakan mahasiswa di tahun akademik baru yang akan segera berlangsung. Prof. Shribawa berharap seluruh jajaran Civitas Akademika Undiknas dapat memberikan kontribusinya dengan maksimal sehingga kegiatan perkuliahan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.