iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Melalui Program ‘Baik’ Salurkan Dana Hibah Puluhan Juta Rupiah Kedapa Wirausahawan Muda

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) melalui Tim Panitia Seleksi Hibah Internal Kewirausahaan Undiknas menyelenggarakan Entrepreneurship Bootcamp sebagai tahap akhir Seleksi Program Hibah Internal Kewirausahaan (BAIK) Tahun 2022 di Kopi Bali Camp, Desa Pupuan, Tabanan selama dua hari yakni pada tanggal 27 – 28 Mei 2022. Kegiatan Bootcamp menghadirkan mentor yang telah mumpuni pada bidangnya masing-masing berkenaan dengan aspek-aspek pengembangan bisnis berbasis digital, sesuai dengan tema Program BAIK 2022 yakni, “The Rise of Technopreneur”. Program BAIK 2022 berhasil menyeleksi 6 proposal bisnis untuk dapat mengikuti sesi Bootcamp. Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam 6 proposal tersebut terdiri dari Mahasiswa Undiknas yang juga berkolaborasi dengan mahasiswa/i lainnya dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Kolaborasi yang dilakukan oleh mahasiswa semakin memperkuat ide bisnis yang diajukan.

Hari pertama bootcamp diisi dengan pemaparan materi dari para mentor dan sesi diskusi antara peserta dengan mentor yang dihadirkan. Pada hari terakhir bootcamp, Business Plan yang telah disempurnakan oleh seluruh peserta dilakukan review oleh undangan reviewer yang hadir. Peserta yang telah mengikuti bootcamp dan kegiatan pengayaan selama 2 hari 1 malam, mempersiapakan segala keperluan dalam proses penilaian akhir, nantinya ide bisnis yang mereka miliki akan di presentasikan kepada para reviewer untuk menentukan layak tidaknya ide bisnis tersebut mendapatkan suntikan pendanaan dari Undiknas. Reviewer yang dihadirkan adalah akademisi Undiknas yang juga telah berkecimpung lama pada dunia bisnis dan usaha. Salah satunya adalah Bapak Rektor Undiknas.

Rektor Undiknas, Professor Nyoman Sri Subawa didampingi oleh Bapak Ir. Gede Humaswara Prathama, S.T., M.T., Bapak Ir. I Gusti Ngurah Darma Paramartha, S.T., M.T., serta Ibu Putu Purnama Dewi, S.E., M.Si., mendampingi Bapak Rektor dalam memberikan masukan serta arahan lenih lanjut terkait dengan Business Plan yang dipresentasikan oleh masing-masing peserta bootcamp. Keempat reviewer sepakat bahwa masing-masing ide bisnis memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing untuk dapat bersaing dunia usaha. Diakhir sesi penilaian, Rektor Undiknas sebagai perwakilan reviewer dan atas nama lembaga menyerahkan golden ticket dan pemberian pendanaan kepada masing-masing proposal bisnis. Golden ticket tersebut akan mereka gunakan untuk mendapatkan bimbingan secara lebih intensif dalam rangka realisasi bisnis mereka dan keikutsertaan dalam Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Puluhan juta rupiah dikucurkan oleh Undiknas untuk mendukung realisasi dari 6 proposal bisnis yang mengikuti kegiatan bootcamp.

Gambar 1. Sesi Diskusi antara Peserta Bootcamp dengan Mentor dalam memanyempurnakan ide bisnis.

Melalui penyelenggaraan Program ‘BAIK’ Tahun 2022, Undiknas berharap dapat membantu mahasiswa, yang juga merupakan calon wirausaha muda, untuk dapat merealisasikan ide bisnis mereka maupun melakukan ekspansi terhadap bisnis yang telah mereka miliki. Kedepannya, Undiknas berharap business starter yang dimulai dari Program ‘BAIK’, dapat secara lebih serius untuk membentuk Perseroan Terbatas (PT) Perseorangan. Dengan adanya PT Perseorangan, usaha yang dirintis mahasiswa akan lebih memiliki prospek dan keberlanjutan yang baik kedepannya.

Gambar 2. Sesi Foto Bersama antara Peserta Bootcamp dengan Mentor.

Dukungan maksimal yang diberikan oleh Undiknas menjadi cara lembaga dalam melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang kelak dapat mendorong perekonomian Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya dengan ide bisnisnya. Tetap belajar dan terus berusaha merupakan kunci dalam menjalankan bisnis, ketekunan menjadi nilai yang harus dimiliki setiap pelaku bisnis dan modal merupakan bahan bakar yang dapat mengerakan segala sumber daya yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Semoga semangat entrepreneurship dan suntikan pendanaan yang diberikan melalui Program ‘BAIK’ 2022 dapat tersalurkan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.