iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Seminar Terpadu Wawasan Manajemen (Satwam) #8: Undiknas Dukung Digital Business Innovation

Denpasar – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Manajemen Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menyelenggarakan Seminar Terpadu Wawasan Manajemen (SATWAM) #8 dengan mengusung tema “The Power of Technology for Digital Business Innovation” (13/5/2022). Kegiatan seminar ini mengundang 3 pembicara yaitu Bapak Kadek Riyan Richadinata S.E., M.M. (CEO Mix & Match Burrito Bali), Ibu Ir. Ni Luh Sukadani, S.Pt., M.M.A. (Kepala UPTD Rumah Kreatif, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali) serta Bapak Prof. Dr. I.B. Raka Suardana, S.E., M.M. (Dean Faculty of Economy and Business Undiknas) dan dimoderatori oleh Ibu Desak Made Febri Purnama Sari, S.E., M.M. (Vice Dean for Students Affairs at FEB Undiknas).

Seminar ini bertujuan agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi serta memberikan gambaran mengenai peluang untuk melakukan inovasi dalam bisnis di era digital. Acara seminar ini secara spesifik dilaksanakan dalam rangka memberikan inovasi serta inspirasi  terkait dengan digital business kepada mahasiswa. Seminar ini juga dihadiri oleh jajaran dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undiknas, undangan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pemerintahan Mahasiswa (PM) Undiknas, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FEB, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Akuntansi, Undiknas International Class Student Association, serta Dewan Pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Manajemen Periode 2020/2021 Undiknas.

Gambar 1. Sesi Diskusi antara Narasumber dan Peserta SATWAM #8.

Pembicara pertama pada SATWAM #8 kali ini yakni Prof. Dr. I.B. Raka Suardana, S.E., M.M. (Dean Faculty of Economy and Business Undiknas). Beliau membahas tentang kekuatan teknologi untuk melakukan inovasi melalui digital business. Di samping itu, beliau juga membagikan mengenai langkah- langkah yang dapat dilakukan oleh para generasi milenial dalam menyiapkan masa depan melalui industry skill yang harus dikuasai. Materi kedua diisi oleh Ibu Ir. Ni Luh Sukadani, S.Pt., M.M.A., yang saat ini menjabat sebagai Kepala UPTD Rumah Kreatif, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali. Beliau membahas tentang bagaimana inovasi pada digital business di era revolusi industri 4.0. Lebih lanjut, beliau juga menjabarkan seputaran inovasi pada digital business yang berkembang saat ini serta hal- hal yang harus dipersiapkan dalam menggeluti bisnis berbasis digital untuk menyasar pada generasi milenial.

Gambar 2. Panitia Acara Seminar Terpadu Wawasan Manajemen (SATWAM) #8.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Kadek Riyan Putra Richadinata S.E., M.M. (CEO Mix & Match Burrito Bali). Pada sesi seminar kali ini, beliau memaparkan tips dan trik serta berbagi pengalaman beliau mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi untuk inovasi bisnis berbasis digital. Acara seminar yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut diwarnai dengan sesi diskusi antara narasumber dan peserta seminar yang berlangsung cukup menarik. Di penghujung acara, seluruh panitia, peserta, narasumber, dan undangan melakukan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen SATWAM #8. Melalui kegiatan seminar ini, diharapkan seluruh peserta yang hadir dapat menyerap dengan baik pengetahuan yang telah disampaikan oleh narasumber serta menambah wawasan mereka dalam memanfaatkan teknologi dan sistem digital dalam menjalankan bisnis dengan generasi milineal sebagai target pasarnya.