iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

KUNCI KESUKSESAN, The Importance of Entrepreneurial Skill for Young Accountants

Denpasar – The Importance of Entrepreneurial Skill for Young Accountants merupakan tema dari seminar akademik yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) (22/04/2022). Seminar akademik kali ini menyasar pada akuntan muda yang belum banyak memiliki pengalaman kerja di bidangnya agar memiliki keterampilan lebih dalam berwirausaha sehingga dapat meningkatkan daya saing dari usaha yang dimilikinya di tengah era kompetisi digital saat ini. Kegiatan seminar berlangsung secara hybrid di Theatre Room Smart Solution Hall dan via Zoom Meeting yang dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta yang berasal dari civitas akademika Undiknas.

Seminar akademik ini menghadirkan tiga (3) orang narasumber yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis, akuntansi, dan kewirausahaan. Mereka diantaranya adalah Ni Putu Sri Harta Mimba, S.E., M.Si., Ph.D., Ak, CA, CMA. selaku Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana, Putu Surahmawangsa Ksatria Nugraha selaku Owner dari Warung Story, dan Gusi Putu Lestara Permana, S.E., Ak., M.Acc. yang merupakan salah satu Dosen pada Program Studi S1 Akuntansi Undiknas.

Gambar 1. Salah satu narasumber memaparkan materi tentang peningkatan jiwa wirausaha akuntansi muda

The Importance of Entrepreneurial Skill for Young Accountants menekankan kepada para peserta seminar tentang Entrepreneurial Spirits, Entrepreneurial Skills for Young Generation and the Challenges of accountant. Kreativitas dan keberanian dapat menjadi kunci penting dalam kesuksesan seorang akuntan di masa depan, keberanian dalam mengambil langkah dan berani dalam melakukan switching strategy, serta berinovasi ketika menemui kegagalan, dapat menjadi penentu bagaimana seorang akuntan dalam menghadapi situasi-situasi sulit dalam karirnya. Sesi tanya jawab berlangsung cukup menarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peserta seminar. Tanpa terasa lebih dari dua jam sudah berlangsung kegiatan materi dan diskusi hingga tiba pada acara simpulan moderator dan penutupan seminar. Kegiatan seminar kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat sebagai kenang-kenangan keapada para narasumber dan moderator yang telah mengisi acarsa serta diikuti dengan sesi foto bersama.

Gambar 2. Owner dari Warung Story memaparkan bagaimana mengantisipasi kegagalam dalam dunia usaha

Terselenggaranya seminar ini diharapkan dapat menjadi pemacu bagi para akuntan-akuntan muda untuk dapat terus berkembang bersama dengan ide-ide kreatif yang mereka miliki. Di tengah tuntutan globalisasi dan adaptasi pada akselerasi digitalisasi saat ink, entrepreneurship skill harus dimiliki oleh semua generasi muda ditengah ketatnya persaingan dalam pencarian lapangan pekerjaan serta inovasi-inovasi kreatif diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat memberikan kontribusi dan kebermanfaat bagi masyarakat luas.