https://midwestcan.com/slot-deposit-pulsahttps://undiknas.ac.id/slot-deposit-pulsa/http://mednauki.ru/public/journals/1/slot-deposit-dana/https://arzdigital.com/-/slot-deposit-pulsa/https://instantproxies.com/slot-deposit-pulsa/https://recrutamento.facmais.edu.br/slot-deposit-dana/https://www.titansteel.co.th/wp-includes/-/situs-slot-gacor/https://www.trielht.com.br/libs/-/slot-gacor/https://www.mafermeenville.fr/wp-content/slot-dana/https://green-bike.sk/slot-deposit-pulsa/https://windsoruniversity.us/slot-deposit-pulsa/
iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Enam Tim Wirausaha Muda Undiknas Mengantongi Modal Usaha Melalui Program BAIK (Hibah Internal Kewirausahaan) 2022

Sebagai implementasi dalam program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Universitas Pendidikan Nasional menyelenggarakan Program BAIK (Hibah Internal Kewirausahaan) 2022 dengan mengusung tema “The Rise of Technopreneurs”. Proses pendaftaran proposal ide bisnis dilaksanakan mulai tanggal 25 April 2022 sampai tanggal 11 Mei 2022, sebanyak 11 tim sudah mendaftarkan ide bisnis melalui pengiriman proposal.

Setelah proses seleksi, hanya enam tim yang berhasil lolos, yaitu: Marikost, Akord Music Production, Et.Class Apparel, Segara Resort Wear, Pesawah Coffee, dan Cattleya. Selain mahasiswa internal Undiknas, kegiatan ini turut serta diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Warmadewa, Politeknik Negeri Bali, ISI Denpasar, dan IPB Internasional Bali.

Peserta yang lolos seleksi berkesempatan mengikuti kegiatan Bootcamp di Kampung Kopi Camp, Pupuan, Tabanan selama dua hari satu malam, 27 sampai 28 Mei 2022. Hari pertama dibuka oleh Ketua Panitia Program BAIK 2022, I Made Sindhu Yoga, S.E., M.B.A., dan disambung dengan workshop terkait bisnis dan teknologi. Adalah I Komang Manik Sumardika, SE. (CEO Hanachita Management) dan I Made Gede Yudiyana, S.Kom. (Founder Bale Digital) didapuk menjadi narasumber sebagai navigator terkait managerial skills, conceptual skills dan technology skills dalam bisnis, yang kemudian ditutup dengan sharing session oleh penerima awardee tahun 2021, sembari dihantam lezatnya ayam asap diantara api unggun yang membara semalaman.

Setelah menikmati tracking di kaki gunung Batukaru dan melintasi sungai yang mengapit sawah serta hutan dipedalaman Pupuan, Tabanan, enam tim kemudian berkompetisi secara silih berganti untuk memamerkan proposal ide bisnis mereka di pagi hari kedua. Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sri Subawa, ST.,S.Sos.,MM.,IPM, Ir. I Gusti Ngurah Darma Paramartha, ST.,MT., Putu Purnama Dewi, SE.,M.Si.,CSRA., dan Ir. Gede Humaswara Prathama, ST.,MT., bertindak sebagai juri. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang bagi empat orang juri untuk berjibaku memutuskan nilai pendanaan yang berhak diterima oleh masing-masing tim yang berkompetisi. Wajar, mengingat bahwa ide bisnis berbalut teknologi seperti mobile application, augmented reality, dan artificial intelligence menjadi sebuah hal yang menarik untuk direalisasikan. 

Akhirnya, senyum sumringah betebaran di akhir acara bootcamp Program BAIK 2022. Semua tim diganjar nominal pendanaan mencapai maksimal nilai Rp. 20.000.000,-. Enam bulan kedepan, semua tim akan berjuang untuk merealisasikan bisnisnya secara nyata. Selamat datang para technopreneurs muda Undiknas! Semoga semangat wirausaha muda semakin baik melalui Program BAIK.