iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Upgrade Your Skill And Grow Up Your Bussineses With Entrepreneurship Unit Of Undiknas

Denpasar – Sejalan dengan visi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) yakni Being a Techno-Researchpreneur University, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Undiknas mengadakan kegiatan seminar yang dilabeli dengan KWH ENTREPRENEUR DEVELOPMENT 2022 (08/04/2022). Kegiatan seminar berlangsung di Ruang Diskusi Dharma Negara Alaya Denpasar secara hybrid (luring dan daring) dengan menghadirkan kurang lebih 75 orang peserta. Seminar tersebut mengusung tagline “Upgrade Your Skill and Growing Up Your Business”, yang dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesenjangan sosial dikalangan masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Pengaruh pandemi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kelangsungan ekonomi suatu wilayah di Indonesia dan di wilayah Bali pada khususnya, pandemi menyebabkan banyaknya lapangan pekerjaan yang hilang akibat dari pelambatan aktivitas ekonomi yang terjadi secara global dan massive. Ditengah keterpurukan yang terjadi, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan mereka, mulai mengambil haluan lain dengan membuka berbagai jenis UMKM dan berharap dapat menghasilkan pendapatan dari apa yang mereka bangun untuk memenuhi kebutuhan sehari – harinya.

Gambar 1. Panitia Pelaksana Seminar dari UKM Kewirausahaan bersama Narasumber.

Memperhatikan kondisi tersebut, UKM Kewirausahaan Undiknas bergerak dan mengadakan kelas belajar berwirausaha, dengan maksud meberikan pemahaman serta peningkatan skill dalam berwirausaha untuk kembali membangun pergerakan ekonomi lokal bersama UMKM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yang telah memiliki rekam jejak yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia usaha. Narasumber yang dihadirkan diantaranya adalah 1) Yus Pranatha Sudibya dari Social Media Management infodenpasar, 2) Anak Agung Ngurah Wisnu Wisesa S.H., M.KN. dari Franchise system TKD bali, dan 3) I Wayan Yoga Arsana dari Investment Bengkel Saham.

Gambar 2. Salah Satu Narasumber, Anak Agung Ngurah Wisnu Wisesa S.H., M.KN. sedang memaparkan materi.

Undiknas berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta yang hadir dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk dapat mengembangkan usaha yang mereka miliki maupun memulai usaha baru mereka. Dengan demikian, para peserta memiliki daya saing lebih dari informasi dan ilmu yang telah mereka dapatkan dalam seminar ini. Tema dan tagline yang diusung dalam seminar ini juga secara tidak langsung dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa sekaligus membangkitkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha. Hal itu juga sejalan dengan visi dan misi Undiknas untuk mencetak entrepreneur muda, mandiri, dan berkarakter yang berbasis riset dan teknologi.