iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas dan Universitas Terbuka, Jalin Kerja Sama dalam Realisasi Prodi Pendidikan Jarak Jauh

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menggandeng Universitas Terbuka (UT) melalui Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Denpasar dalam rangka realisasi penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) program sarjana yang akan segera dimiliki Undiknas. Bertempat di Ruang Rektor Undiknas, Kepala UPBJJ-UT Denpasar, Bapak Agus Tatang Sopandi, S.Sn., M.Pd., hadir langsung untuk melakukan silaturahmi dan berdiskusi dengan Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., terkait dengan penyelenggaraan program PJJ secara holistik dengan tetap mengedepankan pada mutu pendidikan (14/4/2022). Pertemuan kali ini juga sekaligus membahas tentang rencana kerja sama Undiknas dengan UT yang telah dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS). Apabila kedua belah pihak sudah menyepakati isi dari PKS tersebut, maka penandatanganan PKS langsung dilaksanakan antara Rektor Undiknas dengan UPBJJ-UT Denpasar.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Prof. Shribawa, begitu Rektor Undiknas akrab disapa, menyampaikan bahwa Undiknas tidak akan pernah berhenti belajar dan meningkatkan mutu pendidikannya, salah satunya adalah dengan menambah Program Studi PJJ Manajemen pada Program Sarjana. Rektor Undiknas juga menambahkan jika Undiknas siap berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk UT dalam mendukung penyelenggaraan Program Studi PJJ S1 Manajemen yang sedang diusulkan oleh Undiknas ke Direktorat Kelembagaan Dikti.

Kedua belah pihak telah menyepakati isi dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan disepakati untuk langsung melakukan penandatangan PKS pada momen yang baik tersebut. Selain mengatur tentang kerja sama pada bidang Tridharma Perguruan Tinggi, PKS juga mengatur tentang pendampingan program PJJ oleh UT kepada Undiknas. Kegiatan pendampingan ini akan semakin mematangkan persiapan Undiknas dalam membuka Program Studi PJJ S1 Manajemen.

Gambar 1. Momen Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Undiknas dengan Universitas Terbuka.

Seperti apa yang sudah umum diketahui di kalangan akademisi, UT sebagai sebuah institusi pendidikan, yang merupakan pelopor dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh, tentunya pengalaman UT dalam hal pelaksanaan teknis serta standarisasi pelaksanaan pendidikan jarak jauh sudah tidak diragukan lagi. Dengan demikian, jalinan kerja sama yang dilakukan Undiknas bersama UT, diharapkan dapat mendukung realisasi program PJJ Undiknas kedepannya, tentunya dengan misi penyediaan program pendidikan yang dapat menjangkau masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Gambar 2. Penyerahan kenang-kenangan sebagai tanda terjalinnya Kerja Sama Undiknas dengan Universitas Terbuka

Pertemuan Rektor Undiknas dengan Kepala UPBJJ-UT Denpasar, diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Undiknas dan juga UT sebagai simbolis telah resmi dijalinnya hubungan kerja sama diantara kedua belah pihak. Semoga dengan adanya jalinan kerja sama ini, Undiknas dan UT dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan berdasarkan apa yang telah diamanatkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta terus berinovasi dalam misi mencerdaskan kehidupan bangsa.