iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Jalin Silaturahmi di Bulan Penuh Berkah Bersama KMI Undiknas

Denpasar – Lebaran tinggal menghitung hari, tidak lama lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Begitu juga dengan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Islam (KMI) Undiknas, mereka dengan antusias mengadakan kegiatan ‘Buka Puasa Bersama’ guna mempererat jalinan tali silaturahmi (15/04/2022). Di bulan yang penuh berkah ini, momen buka puasa bersama sengaja diagendakan untuk sekaligus menjadi momen bertukar cerita bersama teman, sanak saudara maupun rekan kerja yang bertujuan untuk memperkuat jalinan silaturahmi antar sesama dan menjalin hubungan yang baik antar lingkungan sekitar.

Kegiatan buka puasa bersama merupakan kegiatan yang telah rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh KMI Undiknas dan di tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya. Bertajuk SAUR 3.0, kegiatan buka puasa bersama KMI ini berlangsung di Harris Hotel Kuta Galleria bersama dengan seluruh anggota dan pengurus KMI Undiknas.

Selain menjalin silaturahmi antar sesama umat, kegiatan ini juga diyakini sebagai sebuah momen untuk berkumpul dengan rekan-rekan yang tergabung pada badan mahasiswa yang berdiri bersama di Undiknas. Silaturahmi antar umat bergama lain yang tergabung dalam keluarga besar mahasiswa dari umat lain pun turut diundang untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonisasi antar umat beragama.

Kegiatan Buka Puasa Bersama, atau terkadang lebih akrab disebut dengan ‘Bukber’, berlangsung dengan suasana kekeluargaan yang sangat kental, dengan total peserta hadir sebanyak 95 orang. Kemeriahan juga sangat terasa didalamnya, selama acara berlangsung seluruh hadirin dengan khusuk mengikuti rangkaian demi rangkaian acara.

Gambar 1. Para peserta yang menghadiri acara SAUR 3.0.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan doa bersama dan menghadirkan pembicara yakni seorang Ustad Irham Assiri S.Pd. dengan membawakan materi yang membahas tentang “PUASA” di Bulan Ramadhan. Ustad Irham juga menyampaikan seberapa pentingnya puasa bagi umat muslim pada saat Bulan Ramadhan dan jenis kegiatan puasa lainnya.

Beberapa games, pembagian ‘Takjil’ atau makanan manis, juga iringan musik akustik melengkapi acara Bukber pada sore hari itu. Kegiatan ditutup dengan pemberian sertifikat dan kegiatan foto bersama beserta sambutan penutup untuk menghakhiri acara bukber tersebut.

Gambar 2. Pemberian sertifat dari panitia kepada Ustad Irham sebagai kenang-kenangan.

Dalam sesi wawancara yang disampaikan oleh panitia penyelenggara SAUR 3.0, panitia berharap dapat terus melaksanakan kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya, dimana kegiatan ini sempat terhenti di tahun lalu yang disebabkan oleh pandemi yang saat ini melanda. Semoga apa yang menjadi niat baik dari acara ini dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak.