iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Dukung Digitalisasi di Pelosok: Undiknas Menyerahkan Bantuan Komputer Kepada SDN 3 Riang Gede Tabanan

Tabanan – Bertempat di SDN. 3 Riang Gede, Kabupaten Tabanan, berlangsung kegiatan penyerahan bantuan unit komputer dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) kepada SDN 3 Riang Gede. Penyerahan bantuan dari Undiknas ini dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Tim dari Information System Development System (INTENS) Undiknas (12/04/2022).

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, menuntut sekolah-sekolah untuk juga dapat melek digital serta mampu mengaplikasikannya pada proses administrasi dan belajar mengajar. Namun, ditengah situasi digital era, jika menilisik hingga ke daerah pelosok, masih banyak ternyata sekolah-sekolah yang kekurangan peralatan teknologi pendukung apalagi edukasi melek digital untuk guru dan tenaga kependidikannya. Hal ini tentunya dapat menghambat perkembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi di daerah, yang berdampak pada terciptanya kesenjangan ilmu pengetahuan dan informasi yang di peroleh masyarakat di daerah.

Undiknas melalui LP2M membawa misi untuk dapat terus mengabdi di masyarakat dan ikut bersama mengembangkan dan memajukan kualitas pendidikan serta meningkatkan sumber daya yang ada baik di daerah kota maupun di desa. Kegiatan penyerahan bantuan unit komputer ini juga merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Undiknas kepada beberapa target masyarakat yang membutuhkan.

Gambar 1. Unit komputer yang dihibahkan untuk SDN. 3 Riang Gede sedang di-setting oleh Tim INTENS.

SDN. 3 Riang Gede menjadi salah satu contoh nyata dimana kebutuhan perangkat elektronik demi menunjang proses belajar masih sangat minim di dapatkan, mengetahui hal tersebut pihak Undiknas melalui LP2M merealisasikan bantuan berupa dua unit komputer untuk dapat membantu SDN. 3 Riang Gede meningkatkan kualitas pendidikannya. Kedepannya, pendampingan atau edukasi terkait dengan digital literacy sangat dibutuhkan oleh guru dan tenaga kependidikan sehingga warga sekolah dapat memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan perangkat teknologi dan akses data digital dengan bijak.

Kepala sekolah SDN. 3 Riang Gede saat dijumpai di lokasi merasa sangat senang atas bantuan yang diberikan Undiknas.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Undiknas. Saya dan rekan-rekan guru juga tenaga kependidikan di SDN. 3 Riang Gede akan sangat terbantu dengan unit komputer yang di berikan oleh Undiknas. Semoga Undiknas sukses dan jaya selalu. Salam untuk Bapak Rektor Undiknas.” ujar Kepala Sekolah SDN. 3 Riang Gede, Ni Nyoman Seriati. S.Pd.

Gambar 2. Tim Undiknas bersama para guru SDN. 3 Riang Gede.

Ibu Seriati, begitu Kepala SDN. 3 Riang Gede akrab disapa juga menambahkan jika bantuan yang telah diberikan oleh Undiknas nantinya juga akan dipergunakan sebagai sarana pengurusan administrasi dan pembelajaran bagi siswa. Semoga apa yang saat ini telah diterima SD N 3 Riang Gede dapat membawa dampak positif di masa depan.