Undiknas in the Frame of Digital Content: Unjuk Kreativitas Sorotan Lensa BUDINATA 2022
Dalam rangka mendukung capaian Undiknas pada Tahun Digitalisasi 2022, rangkaian kegiatan Bulan Dies Natalis (BUDINATA) ke-53 Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menghadirkan kompetisi content creator. Kompetisi atau lomba yang diikuti oleh Civitas Akademika Undiknas ini, mengusung tema; ‘Best Way to be Entrepreneur in Undiknas’. Dosen, karyawan, dan juga mahasiswa/i aktif Undiknas unjuk kreativitas mereka dalam menyorot sisi lain Undiknas lalu, meramunya menjadi sebuah digital konten. Video karya peserta akan membuat Undiknas berselancar lebih jauh lagi dalam cyber space, tentunya juga akan menjadi media promosi Undiknas.
Melalui rekapan peserta, terdapat 16 video yang dinilai oleh para dewan juri di Undiknas Theater Room (10/02/2022). Pemilihan tempat dipertimbangkan sebagai salah satu pendukung pengecekan kualitas video dari peserta lomba. Juri yang berkesempatan dalam memberikan penilaian adalah Bapak Gede Humaswara Prathama, S.T.,M.T., Ibu Ida Ayu Iswari Pidada, S.ST.Par.,M.M., dan Ibu Anak Agung Dian Widya Astuti., S.Kom. Ketiga juri adalah videography enthusiast, digital marketing enthusiast, dan content creator.
Para peserta dibebaskan untuk memilih jenis kategori lomba diantaranya lomba video durasi panjang dan video durasi pendek, yang kemudian dapat diunggah melalui media sosial pribadi peserta (Instagram dan/atau Tiktok). Adapun kriteria penilaian yang digunakan antara lain, originalitas, kreativitas, pesan yang disampaikan, estetika, teknik pengambilan gambar dan visual editing. Dari hasil penilaian dewan juri diperoleh 3 (tiga) pemenang lomba Content Creator Durasi Video Panjang serta 3 (tiga) pemenang lomba Content Creator Durasi Video Pendek dan 2 (dua) untuk Kategori Favorite Video. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2022 yang bertepatan dengan puncak acara BUDINATA ke-53 Undiknas. Koordinator Lomba Content Creator, Nyoman Manik Prasari, S.E., M.M., menyampaikan jika video-video yang dibuat oleh para peserta sangat mendukung branding Undiknas juga bentuk dari digital marketing Undiknas.