iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Antusiasme Budinata Ke-53: Undiknas Gelar Lomba Cerdas Cermat Antar SMA/SMK Se-Bali

Denpasar – Antusiasme perayaan Bulan Dies Natalis (BUDINATA) ke-53, Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) dengan tema “Kritis Berpikir Membangun Manusia yang Berdaya Saing”.

Para pelajar dari berbagai sekolah di Bali mengikuti LCC tingkat SMA/SMK 2022. Semangat juang dari para pelajar SMA/SMK ini sangat terlihat dari bagaimana mereka menjawab setiap uji kecerdasan, ketangkasan, inovasi juga kreativitas dalam berpikir. Materi pertanyaan yang diajukan kepada peserta terkait dengan wawasan kebangsaan, isu/berita terkini mengenai peristiwa yang terjadi di Indonesia, dunia, dan berita seputar politik dan hukum, serta pembelajaran jarak jauh.

Lomba Cerdas Cermat ini menghadirkan kegiatan positif serta kesempatan kepada pelajar untuk mengaktualisasikan diri, berkompetisi secara sehat, dan mengukur potensi. Undiknas berharap Lomba Cerdas Cermat, serangkaian BUDINATA ke-53, dapat menjadi sumber penyemangat bagi lebih banyak lagi pelajar di Provinsi Bali untuk terus belajar dan berjuang menghadapi pandemi demi meraih cita-cita.

Babak penyisihan pada 28 Januari 2022 dilaksanakan secara offline dengan menerapakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pada babak penyisihan awal, sebanyak 24 peserta, berkompetisi dengan menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat. Persaingan ketat begitu terasa hingga yang lolos pada babak final adalah SMK Negeri 1 Denpasar, SMK Negeri 2 Denpasar dan SMK Bali Dewata.

Babak final kembali dilaksanakan secara offline atau luring pada tanggal 4 Pebruari 2022 di Auditorium Dwi Tunggal Undiknas. Tiga perwakilan dari Sekolah Menengah Kejuruan tersebut berkompetisi untuk memperebutkan peringkat pertama. Waktu menunjukkan pukul 17.00 WITA dan tiba saatnya pada pengumuman juara. Peringkat pertama diraih oleh SMK Negeri 1 Denpasar dengan perolehan skor sebesar 2000, peringkat kedua berhasil disabet oleh SMK Bali Dewata dengan skor 1800, dan last but not least, SMK Negeri 2 Denpasar berhasil menduduki peringkat ketiga dengan perolehan skor sebeesar 1600.

Menurut Arya Putra, siswa SMK Negeri 1 Denpasar, keberhasilan tim sekolahnya tersebut dapat diraih akibat kesabaran para guru yang terus mendampingi tim serta mendorong tanpa kenal lelah. Hingga pada akhirnya berhasil menjadi Juara 1 lomba cerdas cermat BUDINATA Undiknas ke-53.

“Saya bersama teman-teman saya sangat berterima kasih atas dukungan guru-guru kami, pendamping kami, orang tua kami juga teman-teman kami seluruhnya. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), yang telah memberikan kesempatan bagi kami di daerah untuk menunjukkan kemampuan kami dalam ajang yang luar biasa ini, dan juga terimkasih kepada panitia lomba yang sangat sigap dan ramah”, ujar Arya Putra, dalam kesan dan pesan tertulis.

Koordinator kegiatan Lomba Cerdas Cermat BUDINATA ke-53, Ir. Adie Wahyudi Oktavia Gama, S.T., M.T., IPM., mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya LCC adalah selain untuk mengukur kemampuan peserta didik, juga mendorong sekolah untuk meningkatkan kemampuan peserta didiknya dalam Cakrawala keilmuannya dan mendukung kegiatan Bulan Dies Natalis Undiknas ke-53.

Tentunya Undiknas memberikan Uang Tunai, sertifikat dan Piala bagi para pemenang. Tidak hanya itu, pemenang juga akan memperoleh Golden Tiket yang dapat digunakan untuk mendapatkan bebas biaya tes masuk dan bebas tes masuk mahasiswa baru di UNDIKNAS .