id info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Peningkatan Daya Saing Wirausaha : Undiknas Mengadakan Expo Kewirausahaan

Denpasar – 6 Januari 2022, mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) mengadakan kegiatan expo kewirausahaan dengan tema “Kewirausahaan from Local to Global”.

Kegiatan ini diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) jurusan Manajemen semester 1 sebagai salah satu proyek akhir mata kuliah Kewirausahaan yang diampu oleh Ibu Dr. Anak Agung Ayu Ngurah Sri Rahayu Gorda, SH,MM.,MH.

Berbagai produk seperti makanan dan minuman hasil karya mahasiswa dapat kita nikmati disana. Terik matahari tidak menyurutkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan expo tersebut. Diadakannya kegiatan ini sejalan dengan tagline Universitas Pendidikan Nasional yakni “Techno Research-preneur University” dimana Undiknas berkomitmen untuk menciptakan suasana kampus baru yang berfokus pada penelitian, Ilmu Teknologi (IT), dan kewirausahaan serta mendidik mahasiswanya untuk tidak hanya menjadi spesialis bisnis dengan kompetensi global, tetapi juga menjadi wirausahawan kreatif yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, peran kewirausahaan dirasakan semakin penting dalam pengembangan perekonomian nasional. Kewirausahaan dirasa efektif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui kontribusinya pada peningkatan pertumbuhan perekonomian sekaligus pemerataan pertumbuhan ekonomi. Kewirausahaan juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing, menyediakan lapangan pekerjaan serta mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Peran perguruan tinggi sebagai lembaga pengembangan ilmu pengetahuan dalam hal ini juga sangat dibutuhkan. Adapun untuk dapat melahirkan dan membentuk seorang wirausahawan yang kreatif serta inovatif perlu dimulai dari proses pendidikan dengan mengenalkan, menggali dan mengembangkan sikap kewirausahaan sehingga nantinya diharapkan para lulusan Undiknas dapat bertindak secara professional dan berpikir kedepan. Globalisasi dan liberalisasi merupakan sebuah kenyataan, para wirausaha di masa sekarang ini tidak dapat lagi menghindar dari situasi dan kondisi perdagangan bebas dunia, terlebih jika ingin berperan besar dan ikut bersaing pada perekonomian dunia. Untuk menghadapi kenyataan dan tantangan tersebut dibutuhkan generasi muda, wirausaha-wirausaha muda yang tahan banting dan punya daya saing global.

Memandang jauh ke depan, pasti akan ada banyak peluang maupun tantangan, harapannya agar mahasiswa Undiknas dikemudian hari dapat bersaing dan tidak gentar serta terus bertekad maju kedepan dengan terus “mengayuh pedal sepeda” ketika tantangan datang menghadang. Begitupun langkah-langkah inovatif dan kreatif harus tetap diterapkan, sebab hanya dengan melakukan berbagai terobosan yang bersifat inovatif dan kreatif, kesuksesan usaha dapat dicapai.