id info@undiknas.ac.id     +62 361 723 868

Bank Indonesia Bersama Undiknas Sosialisasikan Pembayaran Non Tunai Melalui Webinar

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Bali bersama Undiknas mengadakan web seminar dengan tema “Cegah Covid-19 dengan Transaksi Non Tunai” pada hari Sabtu, 2 Mei 2020. Tujuan dari webinar ini adalah untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat bahwa transaksi secara non tunai melalui QRIS (QR Code Indonesian Standard) dapat dilakukan dari manapun tanpa perlu kontak fisik antara pembeli dan pedagang baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, pola transaksi contactless melalui QRIS ini selain lebih cepat, mudah dan murah namun juga aman dan handal untuk digunakan dalam masa pandemi Covid-19. 

Hadir sebagai narasumber Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Bali, Bapak Trisno Nugroho dan Assistant Director Bank Indonesia Prov. Bali, Bapak Tumpak Silalahi. Selain itu webinar ini juga diisi oleh narasumber dari akademisi Undiknas, Bapak Agus Fredy Maradona, Ph.D. dengan materi “Mempopulerkan system pembayaran non tunai melalui pendidikan keuangan” dan CEO PT. COCO Digital Bali, Bapak I Gede Rahman Desyanta yang membagikan strategi bertahan di masa pandemi Covid-19.

Bapak Trisno Nugroho sebagai keynote speaker menyampaikan jumlah merchant QRIS di Provinsi Bali tercatat sudah hampir 84 ribu merchant, meningkat lebih dari 3.000 merchant hanya dalam kurun waktu 2 minggu atau meningkat sebesar 229% dibandingkan dengan akhir tahun 2019. Selain itu, transaksi yang dilakukan melalui QRIS pada periode Januari-Maret 2020 terus meningkat  baik secara volume maupun nominal. Kedepannya dalam mendukung mitigasi risiko penyebaran Covid-19, Bank Indonesia bersama-sama dengan stakeholders akan terus meningkatkan akseptansi QRIS khususnya secara tematik pada segmen yang diperbolehkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 seperti perdagangan ritel , sosial keagamaan, dan kesehatan yang didukung oleh inovasi pendaftaran online, sosialisasi virtual dan perluasan fitur QRIS tanpa tatap muka.

Webinar ini dibuka oleh Rektor Undiknas Bapak Dr. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M. dengan moderator Dekan FEB Undiknas, Prof. Dr. IB Raka Suardana, S.E., M.M. Rektor Undiknas sangat mengapresiasi kegiatan edukasi transaksi non tunai yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ditengah situasi pandemic Covid-19. Semoga pengetahuan tentang standarisasi pembayaran non tunai dengan menggunakan QRIS (QR Code Indonesian Standard) dapat membantu kalangan mahasiswa dan akademisi Undiknas untuk mengedukasi masyarakat luas.

Meskipun berlangsung secara online, webinar ini mendapat respon yang positif diikuti hampir 220 peserta yang berasal dari mahasiswa Undiknas dari jurusan akuntansi dan manajemen. Mahasiswa juga terlihat aktif dalam sesi tanya jawab di akhir seminar.