id info@undiknas.ac.id     +62 361 723 868

Bantuan Paket Sembako Undiknas Denpasar untuk Korban Terdampak Covid-19

Undiknas Denpasar menyalurkan bantuan sosial berupa kebutuhan makanan pokok kepada masyarakat yang terdampak pademi covid-19. Bantuan sosial diberikan dalam bentuk paket sembako, meliputi beras, mie, minyak, telur   dan masker yang diberikan secara bertahap. Bansos akan langsung disalurkan selama 3 bulan yakni April, Mei, dan Juni. Secara teknis, bantuan akan disalurkan seminggu sekali, setiap hari Jumat.

Penyaluran bansos berupa paket sembako ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan “Undiknas Care Movement”, setelah sebelumnya pada tanggal 1 April 2020 Undiknas Denpasar menyerahkan bansos berupa 95 liter cairan desinfektan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Provinsi Bali dan penyaluran bansos melalui Aptisi Bali. Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk kepedulian civitas akademika Undiknas kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Bali. Kegiatan dilakukan tanpa memberi tahu warga terlebih dahulu dan dibagikan secara langsung, serta berpindah-pindah lokasi untuk menghindari kerumumunan publik dan tetap memerhatikan jarak sesuai protokol physical distancing.

Pembagian sembako pertama dilakukan pada Jumat, 24 April 2020 di lingkungan Desa Sidakarya, Panjer, dan sekitarnya. Penyaluran bansos diberikan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Enam puluh paket sembako diberikan secara langsung kepada warga membutuhkan yang melintas di pinggir jalan. Selain itu, 80 paket sembako juga diserahkan langsung ke Posko Penanganan Covid-19 yang berada di Desa Sidakarya dan Panjer oleh Rektor Undiknas Denpasar, Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa S.T., S.Sos., M.M., beserta jajaran. Lurah Panjer, I Made Suyanata, S.H. dan Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Rena, S.E., menyambut positif bansos yang diberikan. Mereka berharap bantuan paket bahan makanan pokok ini dapat meringankan beban masyarakat dalam kondisi darurat kesehatan seperti saat ini. Dalam kesempatan tersebut, baik Lurah Panjer maupun Perbekel Desa Sidakarya memastikan bantuan dari Undiknas Denpasar akan tepat sasaran.

Rektor Undiknas Denpasar, Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa S.T., S.Sos., M.M., berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan secara berkala untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Situasi pandemi ini dapat dijadikan kesempatan untuk saling tolong-menolong, membantu saudara-saudara yang membutuhkan uluran tangan. Krisis ini hanya bisa dilalui dengan saling tolong menolong dan membulatkan tekad bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.