
Undiknas Gelar SAT Reading Comprehension Test untuk Siswa SMAN Banua Kalsel
Banjarbaru – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) kembali melanjutkan rangkaian Program Sekolah Unggulan Garuda Transformasi (SUGT) melalui kegiatan bertema “SAT Reading Comprehension Test” yang diselenggarakan di SMAN Banua Kalsel Bilingual Boarding School. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ir. I Made Panji Tirta Prakasa, S.T., M.T., dosen Fakultas Teknik dan Informatika Undiknas, yang membimbing peserta memahami strategi membaca kritis dan analitis sebagai persiapan menghadapi ujian SAT Reading. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa kemampuan reading comprehension menjadi fondasi utama dalam kesuksesan akademik global karena mencerminkan kemampuan berpikir logis, memahami konteks, serta menarik kesimpulan berbasis bukti. 28/10/2025

Para peserta diperkenalkan pada berbagai jenis teks yang diujikan dalam SAT, mulai dari literature, history, social studies, hingga science. Selain itu, siswa mempelajari empat jenis pertanyaan utama yang harus dikuasai, yaitu main idea, inference, vocabulary in context, dan evidence-based questions. Melalui latihan langsung, siswa dilatih menerapkan teknik membaca efektif seperti skimming, scanning, dan annotating agar mampu menjawab soal secara cepat dan tepat dalam batas waktu 64 menit.
Dalam sesi refleksi, Panji Tirta Prakasa menekankan pentingnya kebiasaan membaca aktif sebagai modal utama menghadapi dunia akademik internasional. Menurutnya, membaca tidak hanya sekadar memahami kata demi kata, tetapi juga menangkap makna dan logika yang terkandung di balik teks sebagai dasar daya saing global. Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari pihak sekolah dan para peserta, yang menilai bahwa pelatihan tersebut membuka wawasan baru mengenai pentingnya literasi akademik dalam mempersiapkan studi ke luar negeri. Melalui program SUGT, Undiknas terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kompetensi siswa dan melahirkan generasi muda yang siap berkompetisi di tingkat internasional.



