iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

The Power Of Clickbait, Bagaimana Menarik Perhatian Dengan Kata-Kata Bersama Undiknas

Denpasar – Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) kembali menyelenggarakan seminar akademik dengan mengusung tema “Communication 101: How to Get Audience Attention” mengangkat topik “The power of Clickbait: Gaining Attention Through Words”. Kegiatan seminar terlaksana secara offline di Auditorium Dwi Tunggal Undiknas. Bertujuan untuk dapat mengedukasi serta memberi penjelasan terhadap mahasiswa dan mahasiswi Undiknas tentang bagaimana kiat-kiat dalam menarik audiens melalui kata-kata dengan maksud mempromosikan atau menyebarkan suatu informasi kepada masyarakat. (12/8/2022).

Tersedianya berbagai sajian informasi saat ini melalui berbagai platform yang ada, membuat orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan dalam menyiarkan sebuah informasi. Salah satu peluangnya adalah penggunaan clickbait. Bagi beberapa kalangan jurnalistik, clickbait saat ini sudah menjadi budaya dan kebutuhan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tak jarang beberapa oknum jurnalistik dengan sengaja menggunakan clickbait yang menyalahi etika yang berlaku, sehingga bagi penikmat informasi stigma dari clickbait itu berkonotasi negatif. Melalui diadakannya kegiatan seminar yang diselenggarakan tersebut, Undiknas sebagai suatu institusi pendidikan tinggi berkewajiban mengedukasi generasi muda agar dapat memahami apa dan bagaimana cara penggunaan clickbait secara positif tanpa harus mengaburkan fakta dari suatu informasi yang disiarkan.

Gambar 1. Jajaran mahasiswa dan dosen yang hadir dalam kegiatan seminar The Power of Clickbait

Kegiatan seminar diisi oleh narasumber-narasumber yang telah berkompeten di bidangnya, diantaranya I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, S.Sos., M.A.P, Anak Agung Mia Intentilia, S.IP., MA dan Ni Putu Intan Permatasari S.Pd.,M.Pd selaku moderator acara. Turut hadir pula dalam acara seminar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Undiknas University yaitu Bapak Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu Ms Nuning Indah Pratiwi, S.sos., M.I.Kom serta undangan-undangan dari DPM, BEM-PM, BPM Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, BEM Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Dewan Pembina Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Undiknas, Himpunan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Undiknas.

Dalam kegiatannya, seminar Communication 101 diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Undiknas University Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M.Si, dilanjutkan dengan pemaparan materi seminar yang disampaikan oleh para narasumber. Usai pemaparan materi kegiatan berlanjut dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan kepada para narasumber diikuti dengan kegiatan foto bersama. Acara ditutup dengan penampilan Live music oleh panitia Himaprodi Ilmu Komunikasi Undiknas University.

Gambar 2. Sesi peneyerahan sertifikat dan kenang-kenangan kepada para narasumber

Melalui terlaksananya seminar Communication 101: How to Get Audience Attention diharapkan dapat mengedukasi para audience yang hadir tentang bagaimana penggunaan clickbait yang baik, tanpa harus merugikan pihak-pihak tertentu. Adanya seminar ini juga diharapkan dapat menginspirasi serta memacu ide-ide baru bagi mahasiswa dalam menghasilkan suatu karya tulis maupun sebagai salah satu strategi mereka dalam menjalankan bisnis sebagai seorang entrepreneur.

Kampus Undiknas

TECHNO RESEARCH-PRENEUR UNIVERSITY
Jl. Bedugul No. 39, Sidakarya,
Denpasar – Bali

+62-361-723-868
info@undiknas.ac.id

Senin – Jumat 08:00 – 16:00

Social Info

Pengumuman

Berita Utama

The National Education University Rector Attends In A Born Anniversary Event With Perdiknas
15-09-2022By
Universitas Pendidikan Nasional Receives A Visit From Thai Nguyen University Vietnam
13-09-2022By
Student Week 2022 Closing Feel With Mayura Undiknas
11-09-2022By