iden info@undiknas.ac.id +62 361 723 868

Undiknas Siap Menuju Tahun 2023 Pencanangan Tahun Internasionalisasi

Denpasar – 6 Januari 2022 Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) melaksanakan Weekly Meeting di Auditorium Dwi Tunggal, yang dihadiri oleh Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa,S.T.,S.Sos.,M.M beserta jajarannya.

Pertemuan tersebut membahas tentang program kerja Universitas Pendidikan Nasional kedepannya demi meningkatkan mutu menjadi Perguruan Tinggi yang unggul ditengah Perguruan Tinggi yang lain. Saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin menunjang peminatan terhadap internasionalisasi pendidikan khususnya pada Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi yang tidak adaptif atau tidak mampu merespon perkembangan teknologi, maka cepat atau lambat akan kalah dengan sendirinya.

Pada weekly meeting kali ini, Bapak Rektor, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa,S.T.,S.Sos.,M.M menyampaikan bahwa Undiknas menuju tahun 2023 pencanangan tahun internasionalisasi. Internasionalisasi dalam bidang pendidikan bukanlah sesuatu yang baru di era Globalisasi bahkan telah menjadi sebuah fase yang dihadapi Perguruan Tinggi baik nasional maupun internasional dalam meningkatkan kualitas lembaga maupun lulusannya. Di era digital seperti sekarang ini, persaingan Perguruan Tinggi sangatlah ketat. Persaingan yang ketat ini mengharuskan perguruan tinggi untuk tetap bisa mempertahankan bahkan mengembangkan eksistensinya. Banyak persiapan yang harus dilakukan Perguruan Tinggi dalam negeri untuk dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi luar negeri terutama dari segi sumber daya dan fasilitas yang mendukung. Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa,S.T.,S.Sos.,M.M juga menyampaikan, dalam membangun kerjasama internasionalisasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti : “Activities, Exchanges, Joint Research, Short Course Programmes, Branchmarking, International Projects, Development of Projects in Third Countries, etc”. Elemen-elemen tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi Universitas Pendidikan Nasional dalam meningkatkan kualitas akademik dan mendorong reputasi internasional.

Kemudian Bapak Rektor, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa,S.T.,S.Sos.,M.M menyampaikan harapannya dalam menuju tahun 2023 pencanangan tahun internasionalisasi, Universitas Pendidikan Nasional mampu mempersiapkan dan fokus pada hal-hal berikut seperti : Peningkatan Kompetensi Dosen Profesional melalui Sertifikasi Bidang Ilmu/Keahlian, Kenaikan target capaian Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) 100 besar Nasional, Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa pada Jurnal Internasional Bereputasi & Nasional Terakreditasi, Peningkatan Indeks SINTA dalam penelitian & PkM dapat berada pada posisi 150 besar, Registrasi dan researcher afiliasi Universitas Pendidikan Nasional pada Web of Science serta masih banyak lagi program kerja yang harus dilaksanakan.

Beliau juga berharap agar Undiknas mampu melakukan inovasi, mampu mengikuti perkembangan teknologi jika tidak ingin terdisrupsi oleh Perguruan Tinggi yang lain. Menuju tahun internasionalisasi berarti Universitas Pendidikan Nasional harus menyiapkan sumber daya manusia, fasilitas dan jejaring berkelas internasional. Untuk itu diperlukan kerja sama seluruh civitas Akademika Undiknas, mari bersama-sama tingkatkan semangat, jangan mengeluh dan tetap fokus pada tujuan, sehingga kegiatan digitalisasi mampu selaras dengan berjalannya menuju tahun internasionalisasi.