Magister Manajemen

30 January 2011. 09:16

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Nomor SK Pendirian : 95/DIKTI/Kep/2000, Tertanggal 17 April 2000
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Satryo Soemantri Brojonegoro
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : Juli 2000
Nomor SK Izin Operasional : 7160/D/T/K-VIII/2011, Tertanggal 23 Mei 2011
Peringkat (Nilai) Akreditasi : A (Sangat Baik)
Nomor SK BAN-PT : 201/SK/BAN-PT/Ak-SURV/M/VII/2014, Tertanggal 29 Pebruari 2014
Ketua Program Studi : Dr. Ni Nyoman Sunariani, Dra., M.M.

Visi Program Studi Magister Manajemen

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:
Menjadi sumber tenaga kerja profesional bagi masyarakat Indonesia dan global yang menguasai pengetahuan manajemen secara komprehensif

Misi Program Studi Magister Manajemen

Berdasarkan pada visi tersebut serta mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki, maka Progdi MM Undiknas mempunyai misi bahwa Lulusan Progdi MM Undiknas :

1. Mampu menguasai ilmu manajemen secara komprehensif, baik konseptual maupun praktikal;
2. Memiliki keterampilan profesional secara fungsional dan teknis, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah organisasi yang kompleks dalam lingkungan yang turbulence;
3. Memiliki kemampuan bersaing, ulet dan tangguh dalam menghadapi tantangan pekerjaan serta mampu bekerja di bawah tekanan waktu dan pencapaian target;
4. Memiliki kemampuan dalam memberi inspirasi dan motivasi bagi orang lain.
5. Memiliki kemampuan mengelola sumber daya manusia multibudaya;
6. Memiliki kemampuan melakukan negosiasi bisnis antar budaya, baik budaya Indonesia maupun budaya asing;
7. Memiliki kesadaran yang tinggi terhadap etika dan nilai-nilai moral luhur yang terkandung dalam ajaran setiap agama.

Tujuan Program Studi Magister Manajemen

Dalam rangka menjalankan misi, Progdi MM Undiknas menetapkan beberapa tujuan strategis dengan rumusan berikut:

1. Menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu manajemen setingkat magister yang memiliki kemampuan konseptual yang mendalam dan daya analisis yang kuat, sehingga mampu mengembangkan ilmunya serta menerapkan dalam praktek;
2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan;
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kompetensi di bidangnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Magister Manajemen

Sasaran jangka menengah yang ingin dicapai oleh Progdi MM Undiknas adalah :

1. Terwujudnya lulusan yang mampu menguasai kecakapan manajerial dan kecakapan teknis dengan sangat baik;
2. Terwujudnya lulusan yang mampu menjadi peneliti dalam rangka pengembangan IPTEK;
3. Terwujudnya lulusan yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat dan lingkungan;
4. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pekerjaan manajerial secara profesional dan memiliki kompetensi serta keunggulan bersaing di tataran nasional & global, serta mampu bekerja di bawah tekanan akibat pekerjaan yang ditekuni;
5. Menghasilkan lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi terkemuka untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (S3);
6. Meningkatnya kemampuan sivitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi dan kemampuan mengarahkan dirinya (self-directed) dalam melakukan berbagai kegiatan akademik;
7. Kerjasama dengan masyarakat, industri, dan pemerintah terimplementasikan dengan sangat baik;
8. Kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan lembaga pendidikan sejenis di tataran regional (CAFTA) dan global terimplementasikan dengan sangat baik.


Strategi yang sudah dilakukan antara lain:

1. Memiliki materi pendidikan dan kurikulum yang relevan dan maju dalam memenuhi kebutuhan kalangan akademik, industri, dan profesi;
2. Menjalankan proses pendidikan yang efesien dan efektif;
3. Mengimplementasikan dengan sangat baik Sistem Penjaminan Mutu (SPM) yang meliputi aspek akademik dan non akademik;
4. Menyediakan fasilitas proses belajar yang menggunakan teknologi informasi terkini (up to date);
5. Peningkatkan wawasan dan kualitas dosen melalui penyelenggaraan dan keikutsertaan dalam seminar, lokakarya dan pelatihan bertaraf nasional dan/atau internasional;
6. Meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui kegiatan pelatihan, seminar, kuliah umum dan sebagainya;
7. Mahasiswa yang diterima memiliki nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) minimal skor 450 dan saat lulus minimal skor 500;
8. Dosen pengajar membuat buku ajar sendiri yang menggunakan berbagai sumber (text book, internet, dll);
9. Menyediakan sumber daya yang maksimal untuk mendukung berbagai program kerja sama yang akan diwujudkan.