info@undiknas.ac.id     +62 361 723 868
Fasilitas Undiknas

Perpustakaan

Tidak terasa, kini usia perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar menginjak usianya yang ke-50 tahun. Artinya, di usia yang setara dengan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar ini telah memiliki ruang khusus untuk perpustakaan.

Dalam pada itu, Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar memiliki koleksi bahan pustaka yang terdiri dari Pembelian Lembaga dan Sumbangan Perpusnas, BI Corner, dan sumbangan lainnya, yaitu: 

  1. Koleksi buku (5.608 judul ; 12.189 eksemplar),
  2. Jurnal (2.218 judul; 4.280 eksemplar),
  3. Skripsi/tugas akhir (2.809 eksemplar),
  4. Prosiding (137 judul, 193 eksemplar)
  5. Textbook (83 judul).

Ke depan, perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar senantiasa menambah koleksi referensinya dan menjalin kerjasama dengan perpustakaan perguruan tinggi lain. Hal itu dimaksudkan untuk menunjang kebutuhan pemustaka dan lebih-lebih bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

Memperhatikan era teknologi revolusi industry 4.0, serba teknologi. Terhadap hal itu, Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar terus berbenah memberikan pelayanan prima kepada pengunjungnya dengan cara mengembangkan sistem perpustakaan berbasis web. Dengan sistem ini setidaknya menumbuh kembangkan minat baca mahasiswa melalui teknologi yang dimilikinya.

Perpustakaan Undiknas

Sekilas Perpustakaan Undiknas

Profil

Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) terletak di Jl. Bedugul No. 39 Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali. Sebelumnya, Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) menyatu dengan gedung Universitas Pendidikan Nasional di Jl. Tukad Yeh Aya Denpasar. Meningkatnya jumlah mahasiswa dan keterbatasan lahan, harus diakui bahwa tidak efektif untuk ruang perkuliahan dan perpustakaan.
Seiring dengan berjalannya waktu bahwa melalui instruksi Ketua Yayasan dan Rektor, gedung perkuliahan S1 dipindahkan ke gedung baru Jl. Bedugul No. 39 Sidakarya (2003). Terhadap hal itu, selanjutnya pengelola Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) memanfaatkan ruang gedung di masing-masing fakultas.
Atas arahan dan petunjuk Rektor, Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) telah menempati gedung A Lt II; yang mempunyai (2) ruang; ruang 1 untuk ruang registrasi, sirkulasi buku, ruang komputer, ruang diskusi dan ruang baca; ruang 2 berisi koleksi berbagai buku, jurnal, kamus, koleksi referensi : skripsi/tesis/disertasi, hasil penelitian Dosen. Di samping itu, Perpustakaan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) telah menggunakan sistem informasi perpustakaan berbasis web. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengunjungnya.
Selanjutnya pada kepemimpinan Rektor yang baru di bulan Juni 2019, ruang perpustakaan gedung A Lt. II kembali di renovasi baik dari segi penataan, ruangan lebih luas dan kenyamanan pemustaka.

Visi dan Misi

Visi :
“Menjadi pusat rujukan dan informasi ilmiah guna mendukung Undiknas Denpasar sebagai centre of excellence yang berdaya saing unggul, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional”

Misi :
1. Menyediakan dan melayani informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi secara aktual dan relevan guna mendukung kebutuhan informasi bagi civitas akademika Universitas Pendidikan Nasional.
2. Meningkatkan kemampuan mengelola dan menyebarkan informasi atas kekayaan ilmiah yang dimiliki Universitas Pendidikan Nasional.
3. Melaksanakan penyebaran informasi tentang koleksi terbaru yang dimiliki dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
4. Melakukan kerjasama dengan berbagai perpustakaan maupun lembaga/instansi di dalam dan luar negeri untuk peningkatan kemudahan akses informasi.

Jenis Koleksi Perpustakaan

A. Koleksi Media Cetak (Printed Collection)
1. Buku (Teks, Referensi, Statistik, Gambar dll)
2. Majalah & Jurnal (Majalah Umum, Jurnal bidang tertentu, dll.)
3. Karya Ilmiah Undiknas (Skripsi, Laporan Penelitian, Hasil Seminar, Lokakarya,dll).

B. Koleksi Media Elektronik (Digital Collection) Caset, VCD, DVD and Online Database, e-book, e-journal

Pengelolaan Koleksi Perpustakaan

Dewey Decimal Classification (DDC)
Sistem Decimal Dewey menggabungkan pustaka dengan subyek yang sama atau berkaitan yang untuk memudahkan dalam mencari pustaka di jajaran koleksi. Penulisannya menggunakan kombinasi huruf dan angka. Melvil Dewey (1851 s/d 1931)

Penggolongan disiplin ilmu berdasarkan pada kelompok disiplin ilmu yang telah dibagi dalam sepuluh subjek, yaitu : 000 Generalities 100 Philosophy & Psychology Religion 300 Social Sciences 400 Language 500 Natural Science & Mathematics 600 Technology (Applied Sciences) 700 The Arts 800 Literature & Rhetoric 900 Geography & History

Penyusunan koleksi menggunakan sistem persepuluhan Dewey (DDC) dan urutan angka dilanjutkan ke abjad (sebagai penempatan relatif) dalam rak koleksi. Contoh Penyusunan Koleksi Jenis Koleksi No Panggil Abjad Tajuk Jumlah Koleksi. Sistem Temu Kembali Informasi Sistem Temu Kembali Informasi dilakukan melalui Online Public Acces Catalogue (OPAC) yang terintegrasi pada sistem informasi Perpustakaan Undiknas

Waktu Layanan Perpustakaan

JAM BUKA LAYANAN
Pagi : Senin s.d Jumat
Pkl. 08.00 Wita s.d 16.00 Wita

Sore : Senin s.d Jumat
Pkl. 18.00 Wita s.d 21.00 Wita

LAYANAN TUTUP
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional

Jenis Layanan

1. Layanan Sosialisasi Perpustakaan
2. Layanan Keanggotaan
3. Layanan Silang Layan
4. Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian Buku)
5. Layanan referensi
6. Layanan BI Corner

Layanan Kanggotaan

Syarat memanfaatkan perpustakaan telah memiliki kartu mahasiswa sekaligus sebagai kartu anggota perpustakaan. Melakukan aktivasi KTA setiap awal semester.

Layanan Sirkulasi

Menyerahkan fotokopi Kartu Mahasiswa Aktif. Peminjaman Buku Teks Umum, dapat dipinjam selama 7 (tujuh) hari; dapat diperpanjang satu kali masa pinjam; Peminjaman Buku Tandon (Reserve), dapat dipinjam pada akhir pekan atau menjelang libur nasional Buku yang dipinjam maksimal sebanyak 2 (dua) eksemplar, sedangkan mahasiswa yang menyusun skripsi maksimal 3 (tiga) eksemplar (menyerahkan foto kopi kartu bimbingan)

Alur Pinjaman

Tunjukkan KTM; Serahkan buku yang dipinjam; Tunjukkan buku beserta bukti peminjaman kepada petugas; Selesai.

Alur Pengembalian

Serahkan KTM; Serahkan Buku yang dikembalikan; Bayar denda sesuai ketentuan (bagi yang terlambat mengembalikan)

Alur Perpanjangan Pinjaman

Serahkan KTM; Serahkan Buku yang akan diperpanjang

Layanan Karya Ilmiah Lokal Undiknas

Layanan ini meliputi layanan Tugas akhir Mahasiswa, S1 dalam bentuk skripsi, dan hasil penelitian dosen, dengan fasilitas baca di tempat atau fotokopi.

Layanan Referensi

Layanan ini meliputi Layanan penunjukan dan Penelusuran Informasi online kepada pemustaka yang membutuhkan informasi, secara langsung, penelusuran e-journal online dan off line, yang berisi Abstrak & Full text Layanan CD-ROM. Pelayanan penelusuran informasi secara tercetak melalui buku referensi (kamus, ensiklopedia, data statistik, direktori. Penelusuran online dengan menggunakan dan media internet.

Layanan BI Corner

Pelayanan Koleksi BI Corner yang meliputi buku dan referensi (kamus, ensiklopedia, data statistik, direktori) dengan fasilitas baca di tempat.

Sebelum Masuk Perpustakaan Undiknas

Menitipkan tas dan jaket di tempat yang disediakan dengan meninggalkan kartu identitas; Menunjukkan kartu anggota yang masih berlaku; Tidak diperkenankan meminjamkan KTM dari atau ke orang lain.

Kampus Undiknas

TECHNO RESEARCH-PRENEUR CAMPUS
Jl. Bedugul No. 39, Sidakarya,
Denpasar – Bali

+62-361-723-868
info@undiknas.ac.id

Senin – Jumat 08:00 – 16:00

Social Info

Pengumuman

Workshop 2 Hari
10-09-2019By
Undiknas Gelar Edu Fair 2019
10-09-2019By
Informasi Pelaksanaan Pelepasan & Yudisium Sarjana (S1) & Magister (S2) ke-83
28-07-2019By
Pengumuman Hasil Tes Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 Jalur Mandiri Periode I
28-07-2019By
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Periode 2
28-07-2019By

Berita Utama

Kerjasama Dengan Undiknas ASPIKOM Segera Gelar ICA Conference 2019
17-09-2019By
Pembukaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat ( PKPA ) Kerjasama Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial ( FHIS ) UNDIKNAS dengan DPC PERADI Denpasar
13-09-2019By
Mahasiswi Undiknas Taklukkan Porprov Sabet Juara 2
10-09-2019By

Agenda Utama

  1. Wisuda Sarjana dan Magister S2 ke-83

    September 21 @ 8:00 am - 1:00 pm
  2. Workshop 2 Hari

    September 26 @ 8:00 am - September 27 @ 5:00 pm
  3. Lomba Paper Presentation

    October 21 @ 8:00 am - 2:00 pm