Sejarah Undiknas

06 December 2018

Universitas Pendidikan Nasional, atau yang lebih dikenal dengan nama Undiknas, didirikan pada tanggal 17Februari1969. Cikalbakal Undiknas pada awal pendiriannya adalah sebuah akademi di bidang perbankan yang bernama Akademi Bank, disingkat AKABA. Pada tahun 1976, akademi ini berganti nama menjadi Akademi Keuangan dan Perbankan, dengan singkatan nama tetap AKABA. Dalam rangka memperluas  cakupan program  pendidikan  yang  diselenggarakan oleh AKABA, pegembangankelembagaankembalidilakukanpadatahun1980denganperubahan AKABA  menjadi  Sekolah  Tinggi  Ilmu  Keuangan  (STIK)  Denpasar.  Selanjutnya, guna menjawab tantangan dunia pendidikan di tingkat perguruan tinggi yang semakin dinamis di tahun 1980-an, serta untuk mengakomodasi visi dan misi STIK Denpasar yang terus berkembang, pada tahun 1984 STIK Denpasar meningkatkan status kelembagaannya menjadi universitas, yaitu Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), sebuah lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi hingga saat ini.

Saat ini Undiknas memiliki 11 program studi, dengan komposisi sembilan program studi di tingkat sarjana (S1) dan tiga program studi di tingkat magister (S2). Program studi di tingkat sarjana adalah Program Studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum,Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknologi Informasi. Sembilan program studi di tingkat sarjana ini dikelola melalui tiga fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (yang mengelola Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi);
  • Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (yang mengelola Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara);
  •  Fakultas Teknik dan Informatika (yang mengelola Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Elektro, dan Program Studi Teknologi Informasi).

Sementara itu, program studi di tingkat magister adalah Program Studi Magister Manajemen, Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara, dan Magister Ilmu Hukum. Ketiga program studi ini dikelola melalui program pascasarjana Undiknas yang bernama Undiknas Graduate School.

Untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang terus berubah dengan begitu pesatnya, Undiknas senantiasa  berbenah,  baik  dari segi sarana, prasarana, maupun sumber daya. Kualitas tenaga pendidik dan tanaga kependidikan terus  ditingkatkan  guna menunjang proses pembelajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.          Segala          upaya yang telah dilaksanakan dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Undiknas telah membuahkan hasil yang menggembirakan dengan diraihnya       predikat       akreditasi baik dan sangat baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT)  bagi  program studi di Undiknas. Secara spesifik, peringkat akreditasi dari program studi di Undiknas adalah sebagai berikut:

  • Program Studi Manajemen terakreditasi A (Sangat Baik)
  • Program Studi Akuntansi terakreditasi A (Sangat Baik)
  • Program Studi Ilmu Hukum terakreditasi A (Sangat Baik)
  • Program Studi Ilmu Komunikasi terakreditasi B (Baik)
  • Program Studi Ilmu Administrasi Negara terakreditasi B (Baik)
  • Program Studi Teknik Sipil terakreditasi B (Baik)
  • Program Studi Teknik Elektro terakreditasi B (Baik)
  • Program Studi Teknologi Informasi (baru dibuka pada tahun 2018)
  • Program Studi Magister Manajemen terakreditasi A (Sangat Baik)
  • Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara terakreditasi A (Sangat Baik
  • Magister Ilmu Hukum terakreditasi B (Baik)

Selain terakreditasi untuk setiap program studi, Undiknas secara institusi (di tingkat universitas) juga terakreditasi oleh BAN-PT. Peringkat akreditasi institusi Undiknas adalah B (Baik). Akreditasi institusi ini merupakan wujud nyata komitmen Undiknas untuk melaksanakan prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) dalam melaksanakan program pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai perguruan tinggi yang visioner dan adaptif dengan perubahan, Undiknas memiliki serangkaian visi, misi, dan tujuan strategis yang keseluruhnya terangkum dalam tiga pilar utama, yaitu: Global, Smart, dan Digital. Tiga pilar utama ini sekaligus merupakan platform yang menjadi pijakan utama bagi Undiknas dalam memantapkan langkahnya sebagai universitas bertaraf internasional.