Sejarah Undiknas

03 March 2016

Jika saja keinginan Chairil Anwar untuk dapat hidup diubah menjadi seperempat abad (lagi), cukuplah bagi penyair kondang tersebut untuk menyaksikan proses panjang pergantian status sebuah lembaga pendidikan tinggi di Denpasar. Dari AKABA (pernah hanya menerima 9 orang mahasiswa baru) hingga menjadi Undiknas yang kini mempunyai ribuah mahasiswa. Setidaknya kepanjangan AKABA Denpasar mengalami pergantian arti sebanyak dua kali. Ketika didirikan 17 Februari 1969 oleh Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional (YPKN), AKABA merupakan kependekan dari Akademi Bank. Tujuh tahun tiga bulan kemudian berkepanjangan Akademi Keuangan dan Perbankan.

Perubahan tersebut sesuai SK No. 075/1976 yang dikeluarkan Koordinator Kopertis Wilayah VI Prof. Dardji Darmodihardjo, S.H. untuk memperluas pengembangan Akademi bersekala lebih besar. Atau tepat dua tahun setelah memperoleh SK Kopertis No. 034/I/1974 yang menyatakan AKABA telah berstatus terdaftar. Konsekwensi logisnya, para mahasiswanya berhat mengikuti ujian Negara tingkat sarjana muda, yang realisasinya telah berlangsung tiga kali.

Sejak itu berbagai terobosan dilakukan pihak Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional untuk meningkatkan status lembaga pendidikannya. Agaknya AKABA telah mempersiapkan diri untuk memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan dalam rangka pelaksanaan evaluasi dan akreditasi secara periodic oleh jajaran Depdikbud.

Jenjang status yang lebih tinggi diraih AKABA tanggal 31 Maret 1978. Dari terdaftar menjadi diakui, menyusul dikeluarkannya SK Mendikbud No. 088/U/1978. Dengan demikian mahasiswa AKABA Denpasar berhak mengikuti ujian Negara pengawasan, yang pada saat itu penyelenggaraannya berlangsung dua kali.

Ternyata kiat yang dilakukan Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional tidaklah berhenti disitu. Dari Rencana Induk Pengembangan (RIP 1976 sampai 1983), AKABA akan dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan (STIK) Denpasar, lantas Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional mengeluarkan SK No. 100/II-a/II/1978 prihal pengembangan lembaga pendidikan tersebut. Jurusan yang dilirik, Keuangan dan Akuntansi.

Permohonan pengembangan tersebut, diajukan ke Mendikbud (waktu itu dijabat oleh Dr. Daoed Yoesoef). Pada 13 Februari 1980 akhirnya permohonan itu dapat disetujui dan STIK Denpasar diberikan status terdaftar sesuai keputusan Mendikbud No. 051/0/1980. Inilah untuk pertamakalinya secara nasional, pengembangan Akademi menjadi Sekolah Tinggi dirintis oleh Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar. Dari AKABA Denpasar menjadi STIK.

Dalam Surat Keputusan tersebut dinyatakan bahwa pemberian status terdaftar kepada STIK dengan dua jurusan yang ada yakni :

a. Status terdaftar untuk jurusan Keuangan sampai dengan tingkat sarjana lengkap.
b. Status terdaftar untuk jurusan Akuntansi sampai dengan tingkat sarjana muda.

Dalam rangka pembinaan Perguruan Tinggi Swasta secara periodik diadakan evaluasi dan revaluasi terhadap seluruh Perguruan Tinggi Swasta baik yang berstatus terdaftar, diakui maupun disamakan sesuai UU No. 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi. Sebagai realisasi, dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 22 Januari 1981, No. 039/0/1981 status STIK ditetapkan kembali sebagai berikut :

a. Terdaftar untuk jurusan Keuangan sampai tingkat sarjana lengkap.
b. Terdaftar untuk jurusan Akuntansi sampai tingkat Sarjana Muda.

Dengan ditopang oleh kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai ditambah lagi dengan keteraturan penyelenggaraan ujian negara bagi para mahasiswa STIK Denpasar, maka Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar kembali mengajukan permohonan peningkatan status bagi STIK Denpasar kepada Mendikbud RI (Dr. Daoed Joesoef) melalui Koordinator Kopertis Wilayah VI Surabaya sesuai dengan permohonan tanggal 17 Februari 1981, Nomor : 637/II-4/YPKN/VIII/1981. Atas permohonan tersebut, Mendikbud menyetujuinya sehingga terjadilah perubahan atau peningkatan status sebagai berikut :

a. Jurusan Keuangan
1. Untuk tingkat sarjana lengkap diberikan status terdaftar, sesuai Keputusan Mendikbud No. 039/0/1981, tanggal 22 Februari 1981.
2. Untuk tingkat Sarjana Muda diberikan status diakui sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 085/0/1982.

b. Jurusan Akuntansi
a. Untuk jurusan Akuntansi baik tingkat Sarjana Muda maupun tingkat Sarjana Lengkapnya diberikan status terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 077/0/1982, tanggal 8 Maret 1982.

Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, nampaknya Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional selalu berpacu untuk memajukan dan mengembangkan STIK Denpasar. Hal ini terbukti pada tanggal 17 Oktober 1982, dengan surat permohonan Nomor 598/II-4/YPKN/X/1982, kembali mengajukan permohonan peningkatan stats dari status terdaftar menjadi diakui untuk tingkat Sarjana Lengkap Jurusan Keuangan STIK Denpasar kepada Bapak Koordinator Koordinaso Perguruan Tinggi Swasta (Koordinator Kopertis) Wilayah VIII Denpasar. Untuk mengadakan penjajagan terhadap permohonan tersebut maka pihak Kopertis Wilayah VIII telah mengadakan supervise dan evaluasi masing-masing pada hari Jumat 8 April 1983 dan hari Sabtu 28 Mei 1983 bertempat di kampus STIK Denpasar Jalan Panjer Denpasar selatan.

Dengan selesainya dibangun kampus unit III maka masalah penyediaan sarana dan prasarana pendidikan relatif memadai. Demikian pula mengenai masalah ketenagaan baik tenaga edukatif maupun tenaga administrative guna menunjang kelancaran proses pendidikan relatif memadai mengingat adanya program bantuan tenaga dosen negeri yang diperbantukan dari pemerintah ditambah usaha-usaha pengangkatan dosen tetap oleh yayasan dari para alumni terus dikembangkan, serta dibarengi oleh adanya iklim yang kondusif baik yang datang dari pihak pemerintah maupun berupa kepercayaan dari masyarakat cukup mendukung, maka semuanya itu merupakan modal dasar bagi kebijaksanaan pengembangan Sekolah Tinggi Keuangan Denpasar menjadi sebuah Universitas yang kemudian diberi nama Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar.

Untuk pertama kalinya Universitas Pendidikan Nasional Denpasar membuka empat Fakultas dengan jumlah jurusan yang bervariasi. Adapun fakultas-fakultas dan jurusan-jurusan yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar adalah :

a. Fakultas Ekonomi (FE) dengan jurusan-jurusan sebagai berikut :
1. Jurusan Management
2. Jurusan Akuntansi
3. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

b. Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik (FISIPOL) dengan jurusan :
1. Jurusan Ilmu Administrasi

c. Fakultas Hukum (FH) dengan jurusan-jurusan sebagai berikut :
1. Jurusan Hukum Keperdataan
2. Jurusan Hukum Pidana

d. Fakultas Teknik (FT) dengan jurusan-jurusan sebagai berikut :
1. Jurusan Teknik Sipil
2. Jurusan Teknik Mesin
3. Jurusan Teknik Elektro

Hal ikwal perkembangan STIK Denpasar menjadi Universitas Pendidikan Nasional tersebut telah diajukan pada tanggal 1 Oktober 1983, dengan surat permohonan No. : 053/III-4/YPKN/X/1983, oleh Ketua Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Bapak Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar. Permohonan tersebut oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, kemudian disetujui dengan dikeluarkannya Surat Keputusan sebagai berikut :

1. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0253/0/1984 tanggal 13 Juni 1984 tentang pengintegrasian Unit Perguruan Tinggi Swasta ke dalam lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.
2. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0356/0/1986 tanggal 13 Mei 1986 tentang penetapan kembali penyesuaian jalur, jenjang, dan program pendidikan serta nama Unit/Fakultas/Jurusan/Program Studi status terdaftar, pada Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII; untuk di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar diberikan masing-masing sebagai berikut :

1. Fakultas Ekonomi (FE) :
a. Jurusan Akuntansi, dengan status terdaftar sampai dengan S1.
b. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan status terdaftar sampai dengan S1

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) :
a. Jurusan Ilmu Administrasi, dengan program studi Administrasi Negara diberikan status terdaftar sampai S1.

3. Fakultas Hukum (FH) :
a. Jurusan Hukum Keperdataan, dengan status terdaftar sampai S1
b. Jurusan Hukum Pidana, dengan status terdaftar sampai S1

4. Fakultas Teknik (FT) :
a. Jurusan Teknik Sipil, dengan status terdaftar sampai S1
b. Jurusan Teknik Mesin, dengan status terdaftar sampai S1
c. Jurusan Teknik Elektro, dengan status terdaftar sampai S1

Terkait dengan hal tersebut di atas, nampaknya merupakan suatu keharusan baik sebagai manusia maupun sebagai insan akademis kita yang terlibat dalam bidang keilmuan, perlu memiliki kesiapan mental dan bahkan secara bertahap perlu merencanakan diri baik secara individu maupun lembaga, untuk dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih maju. Berangkat dari konsep berpikir semacam inilah Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar menginternalisasikan berbagai kiat (yang selanjutnya diartikan dengan strategi atau cara) untuk memacu dan mengembangkan lembaga pendidikan tinggi yang dibinanya ke tingkat yang lebih maju, terkondisi sehingga tecipta suasana belajar yang kondusif yang pada gilirannya akan dapat menelorkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas. Hal ini dapat dibuktikan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0359/0/1986 tentang penetapan kembali penyesuaian jalur, jenjang dan program pendidikan serta nama Unit/Fakultas/Jurusan/Program Studi dengan status diakui pada perguruan tinggi swasta wilayah VIII; untuk di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar diberikan pada Fakultas Ekonomi Jurusan Mangement.

Tidak hanya itu upaya yang dilakukan oleh pihak Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya. Akan tetapi Ketua Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional selalu berupaya mencari terobosan-terobosan baru guna menginternalisasikan berbagai kiat untuk membawa Universitas Pendidikan Nasional ke arah yang dicita-citakan. Hal ini diwujudkan dengan melakukan permohonan peningkatan status secara periodik dan bertahap terhadap semua Unit/Fakultas/Jurusan/Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Kemudian sesuai dengan permohonan peningkatan status dari terdaftar menjadi diakui untuk Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Jurusan Administrasi, Program Studi Ilmu Adminisrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, oleh Ketua Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional Denpasar dengan surat permohonan tanggal 20 Juli 1987 Nomor : 682/A.1.5/VII/87 dan Nomor : 683/A.1.5/VII/87, maka keluarlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 12 Desember 1987 Nomor : 0792/0/1987 tentang pemberian status diakui pada :

a. Jurusan Akuntansi, dengan status terdaftar sampai dengan S1.
b. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan status terdaftar sampai dengan S1

Seiring dengan bertambahnya usia Undiknas, kemajuan pun terus diraih secara silih berganti, mulai dari Akreditasi C dan Akreditasi B telah diraih oleh fakultas-fakultas di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan Universitas Pendidikan Nasional baik segi kuantitas maupun dari segi kualitas kini telah membuahkan hasil. Hal ini dapat diketahui dari status yang berhasil diraih oleh masing-masing Fakultas, Jurusan dan Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar adalah sebagai berikut :

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB) :
a. Program Studi Manajemen telah memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 020/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007 tanggal 7 September 2007.
b. Program Studi Akuntansi telah memperoleh Akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009 tanggal 2 April 2009.

2. Fakultas Ilmu Administrasi dan Komunikasi (FIAK) :
a. Program Studi Ilmu Administrasi telah memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 022/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005 tanggal 8 Desember 2005.

3. Fakultas Hukum (FH) :
a. Program Studi Ilmu Hukum telah memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 027/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2007 tanggal 16 Nopember 2007.

4. Fakultas Teknik dan Informatika (FT) :
a. Program Studi Teknik Sipil telah memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006 tanggal 2 Nopember 2006.
b. Program Studi Teknik Elektro telah memperoleh Akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl Nomor : 019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006 tanggal 8 Desember 2006.