World International Education Expo 2016 serta Kunjungan Kerja Undiknas International Office ke Ubaya dan IFI Surabaya.

27 January 2016. 08:05

Undiknas International Office yang baru dirintis oleh Rektor Undiknas Denpasar Prof. Gede Sri Darma, MBA, DBA. pada bulan Agustus 2015 yang bertujuan untuk membentuk jaringan aktif dengan asosiasi universitas luar negeri, mitra luar, maupun lembaga international, sudah mulai mempersiapkan salah satu programnya untuk membuka kelas international. Pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2016 Undiknas International Office berkesempatan menghadiri program World International Education Expo 2016 di Hotel Sheraton Surabaya dan Studi Banding ke Universitas Surabaya (UBAYA) dilanjutkan menuju Institut Francais Indonesia pada hari Senin tanggal 18 Januari 2016. Adapun perwakilan Undiknas diikuti oleh Ida Nyoman Basmantra,S.Pd., M.Pd., Head of Undiknas International Office serta I Wayan Didik Roy Mahardika, Sst.Par., M.Par.,MMTHRL., Coodinator International Academic of Undiknas International Office.

Dengan mengikuti Program World International Education & Scholarship Expo 2016 Undiknas bisa bertemu berbagai Universitas International dari negara Australia, Singapore, Eropa, dan Amerika tentunya. Hal positif tersebut tentu dimanfaatkan untuk membangun kerjasama international seluas-luasnya. Bertukar informasi global serta membangun kerjasama international berbasis global education link adalah hal konkret yang bisa didapat dalam eksibisi tersebut.

Visitasi ke Ubaya International Office disambut baik oleh Mr. Adi Tedjakusuma (Head of Ubaya International Affairs), dengan agenda observasi dan bertukar informasi dalam pembentukan international office di Undiknas. Ubaya yang merupakan salah satu private University di Surabaya yang sukses membangun international office dari tahun 1998 memberikan banyak hal mengenai management dan administrasi international yang dilakukan.

Kunjungan kerja berupa membangun kerjasama dengan Educational Institution pun dilaksanakan pada hari tersebut, bertepat di Campus France Surabaya. Tim disambut hangat oleh Ms. Veronique Mathelin as Director of Campus IFI (Institute Francais Indonesia) dan berkesempatan melihat dari dekat suasana proses pembelajaran bahasa prancis, ruang kuliah, serta library yang dibrand sebagai “Media Text Center”. Kerjasama pun sudah bisa dimulai dengan akan berkunjungnya pihak IFI ke Undiknas pada awal Maret ini. Rencana kunjungan tersebut akan diagendakan dengan penandatanganan MoU serta mengadakan seminar akademik bertema Study Atmosphere in France.

Kunjungan tersebut tentunya bisa mematangkan terbentuknya Undiknas International Office sebagai salah satu program awal yaitu Undiknas International Class. Dimana pembentukan program International Class ini mempunyai fungsi yaitu untuk mencetak mahasiswa Undiknas yang mempunyai kecakapan international dengan suasana belajar international. Tentu dmenghadiriengan melangkahnya Undiknas ke jenjang international adalah sebuah trobosan jitu guna bisa melahirkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing di international. (gbs)